Komet Leonard 2021: Bagaimana dan Kapan Kita Bisa Melihat Komet yang Baru Ditemukan Ini?

- 7 Desember 2021, 15:02 WIB
Ilustrasi komet Leonard.
Ilustrasi komet Leonard. /PIXABAY/

PRIANGANTIMURNEWS- Sekitar 35.000 tahun yang lalu, ketika lukisan gua pertama muncul dan zaman Neanderthal akan segera berakhir, Komet Leonard berada di aphelion (titik orbitnya terjauh dari Matahari), sekitar 525 miliar kilometer jauhnya (sekitar 3.500 kali lipat jarak yang memisahkan Bumi dari Matahari).

Desember ini, perjalanan panjang komet ke Tata Surya bagian dalam akan mendekati Bumi, dan akan memungkinkan untuk mengamatinya di langit malam. Peristiwa sekali seumur hidup manusia.

'Komet itu berada di langit pagi hari tepat pada saat ini, dan itu berarti bangun sangat pagi, mungkin sekitar pukul 5 pagi atau lebih dan melihat kurang lebih ke timur laut,' Ed Krupp, seorang astronom dan direktur Observatorium Griffith di Los Angeles, memberitahu NPR.

Baca Juga: 5 Pemain Terhebat yang Tidak Pernah Memenangkan Ballon d'Or, No 1 Raja Gol Liga Champions

Bagi orang-orang di Amerika Utara, waktu terbaik mungkin adalah Senin pagi ketika komet akan berada di dekat Arcturus, rendah di cakrawala.

Kapan dan bagaimana Anda bisa melihatnya?

Kecuali Anda tinggal di Antartika, Krupp mengatakan siapa pun di planet ini dapat melihat komet sekarang.

Hingga 13 Desember, komet akan terlihat di langit pagi dengan teropong atau teleskop. Pada 12 Desember, jaraknya akan 21,7 juta mil dari Bumi, jarak terdekatnya dengan planet ini.

Baca Juga: Rizki DA Gugat Cerai Nadia Mustika Sejak 23 November 2021

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Marca


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x