Software Attendance Management: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

- 29 Juni 2022, 19:22 WIB
software Attendance management merupakan sebuah  sistem yang digunakan untuk mengelola data kehadiran karyawan sebuah perusahaan. Dengan adanya perangkat lunak software ini perusahaan
software Attendance management merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola data kehadiran karyawan sebuah perusahaan. Dengan adanya perangkat lunak software ini perusahaan /

PRIANGANTIMURNEWS - Mungkin teknologi canggih yang satu ini jarang diketahui oleh orang banyak. Teknologi manajemen absensi yang memberikan fungsi dan manfaat banyak yang dikenal dengan nama software manajemen absensi .

Perangkat lunak ini dirancang khusus untuk mengelola data absensi karyawan sebuah perusahaan. Sehingga, adanya software ini data absensi karyawan dapat terselesaikan dengan praktis dan cepat. Tidak sama ketika diisi secara manual.

Selain itu, software ini tidak hanya dapat merumuskan peraturan check – in dan check – out yang dilakukan kapan saja dan di mana saja. Akan tetapi, juga dapat meringkas data pegawai.

Baca Juga: Hasil FIFA Matchday Indonesia vs Bangladesh, Teknik Pressing Ketat Membuat Skuad Garuda

Lalu, sebenarnya apa itu software manajemen absensi ? Fungsi dan manfaat dari software tersebut seperti apa? Untuk informasi lebih jelasnya, silahkan simak uraian di bawah ini sebagai berikut.

Apa Itu Software Manajemen Absensi ?
Software yang termasuk dalam perangkat lunak manajemen absensi ini merupakan sebuah perangkat lunak berbentuk software yang khusus digunakan untuk melakukan beberapa tindakan yang berhubungan dengan sumber daya manusia pada perusahaan. Tindakan tersebut dapat berupa merekam, menyimpan, dan mengelola data kehadiran karyawan.

Dengan adanya perangkat lunak perangkat lunak ini perusahaan tidak lagi membutuhkan tumpukan kertas atau mesin sidik jari untuk mengatur absensi para karyawan. Penggunaan software yang mudah, dengan langkah data absensi yang masuk akan diolah kemudian diringkas menjadi sebuah laporan.

Sudah jelas bahwa hal tersebut akan berpengaruh pada proses pengambilan keputusan dalam sebuah perusahaan, serta diintegrasikan dengan berbagai proses pengembangan sumber daya manusia lainnya seperti dalam laporan penggajian, evaluasi kinerja, liburan, dan lain sebagainya.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa software Attendance management merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola data kehadiran karyawan sebuah perusahaan. Dimana nantinya bagian manajemen dalam perusahaan dapat menggunakan sistem tersebut untuk membuat keputusan penting dalam sistem perusahaan.

Baca Juga: Di Ajang Industrial Challenge 2021 Tingkat Asia, Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Peringkat Kedua

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x