Resep dan Cara Tahu Gejrot Khas Cirebon, Begini Penjelasannya

- 19 Februari 2022, 06:29 WIB
Tahu tak hanya disayur atau digoreng, tetapi bisa dibuat camilan dan makanan kuliner yaitu tahu gejrot. Ini resep dan cara membuatnya
Tahu tak hanya disayur atau digoreng, tetapi bisa dibuat camilan dan makanan kuliner yaitu tahu gejrot. Ini resep dan cara membuatnya /pixabay/


PRIANGANTIMURNEWS- Apabila Anda menyukai dengan berbagai macam olahan tahu, tentu harus mencoba olahan tahu yang satu ini!

Hidangan yang berasal dari Cirebon ini pastinya menggugah selera Anda, olahan tahu yang dimaksud yaitu tahu gejrot. Camilan yang satu ini memang sejak dahulu digemari masyarakat Indonesia.

Hal ini dikarenakan dalam tahu gejrot memiliki tekstur tahu yang kering dan kenyal dipadukan dengan siraman kuah yang manis dan gurih dapat memanjakan lidah Anda.

Baca Juga: Perbedaan Sakit Maag dan GERD, Bisa Dilihat dari Gejalanya

Tahu gejrot memang cocok dikonsumsi ketika Anda menikmati sore hari selagi menunggu makan malam. Jika kamu ingin menikmati sensasi rasa tahu gejrot asli Cirebon, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu menggunakan tahu jenis apa.

Terdapat berbagai jenis tahu yang beredar di pasaran seperti tahu susu, tahu sutra, tahu kuning, tahu putih dan masih banyak jenis lainnya.

Adapun jenis tahu yang perlu Anda pilih adalah untuk membuat tahu gejrot adalah jenis tahu pong. Tahu pong merupakan salah satu tahu yang memiliki warna coklat yang bagian dalamnya berongga cenderung kosong atau memiliki isi berwarna putih yang lebih sedikit.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Menangkal Virus, Bikin Rumah Lebih Sehat

Jenis tahu ini terbagi lagi ke dalam dua jenis yaitu rasa tawar dan asin. Anda bisa menggunakan kedua jenis tahu tersebut.

Tidak perlu pergi ke Cirebon, kamu dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan resep tahu gejrot yang dapat Anda sajikan bersama keluarga maupun kerabat.

Bahan-Bahan:
10 buah tahu pong
1 sendok makan kecap manis
1 sendok makan kecap asin
3 sendok makan gula merah
3 sendok makan minyak goreng, panaskan
2 sendok makan larutan asam jawa
200 ml air
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
4 buah cabe rawit
Secukupnya garam

Baca Juga: 3 Zodiak Introvert Ini Tak Masalah Social Distancing

Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon:
1. Pertama, potong tahu ke dalam ukuran kecil sesuai selera lalu sisihkan.
2. Kemudian, campurkan air, kecap manis, kecap asin, larutan asam jawa, dan gula merah pada panci kemudian panaskan hingga mendidih.
3. Ulek kasar bawang merah, bawang putih, garam, dan cabe rawit pada cobek.
4. Panaskan minyak dan siramkan pada bahan yang sudah diulek.
5. Campurkan kuah yang didihkan dengan bahan yang diulek kasar.
6. Susun tahu pada piring saji dan siram dengan bumbu kuah.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Sahijab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x