4 Menu Wajib Buka Puasa, Andalan Orang Indonesia

- 12 Maret 2022, 06:22 WIB
Bulan ramadan tinggal menghitung hari.  Selama puasa tentu ada makanan favorit untuk buka puasa.Selain minuman juga ada gorengan selalu ada
Bulan ramadan tinggal menghitung hari. Selama puasa tentu ada makanan favorit untuk buka puasa.Selain minuman juga ada gorengan selalu ada /Pixabay/


PRIANGANTIMURNEWS-   Makanan menu wajib buka puasa, yang biasanya sering dicari dan diminati banyak orang salah satunya adalah kolak dan gorengan.

Jajanan pinggir jalan ini, bisa kalian temui selama bulan Ramadhan di penjual kaki lima di pinggir jalan atau di pasaran.

Berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah seharian berpuasa, tentunya kita perlu diakhiri dengan makanan sehat nan lezat agar tubuh kembali segar. Tapi ada kalanya kita tidak ada waktu untuk menyiapkan menu makanan buka puasa yang bergizi namun menggugah selera.

Baca Juga: Jadwal TV RCTI Hari Ini Sabtu, 12 Maret 2022: Ada Ikatan Cinta, MasterChef Indonesia dan Amanah Wali

Berbicara mengenai masakan di bulan Ramadhan, tentunya setiap orang menginginkan menu yang berbeda setiap harinya. Mulai dari camilan hingga makanan berat. Tak jarang terkadang orang bingung harus masak apa untuk menu berbuka puasa.

1. Gorengan
Sebagian orang memilih untuk berbuka puasa dengan menu gorengan pinggir jalan, ataupun buatan di rumah. Macam-macam gorengan seperti tempe mendoan, bakwan, cireng, dan tahu menjadi makanan yang paling banyak disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Menikmati gorengan usai berpuasa seharian, biasanya cepat membuat perut menjadi kenyang dan tertahan hingga selesai sholat tarawih. Gorengan yang disandingkan dengan sambal kacang dan juga rawit, menjadi salah satu menu wajib yang selalu disajikan oleh sejumlah orang.

Baca Juga: Ini Resep Sarapan Sehat Sandwich Tempe Ala dr Zaidul Akbar

2. Roti Canai
Roti makanan khas orang timur tengah ini, merupakan hidangan wajib yang harus dihadirkan pada saat berbuka puasa bagi keluarga yang memiliki darah keturunan Arab.

Roti manis yang sedikit kering dan gurih tersebut, sering dijumpai dan dijual oleh beberapa tempat roti di Indonesia.

Sejenis dengan roti Maryam, roti Canai biasanya dinikmati dengan saus spesial yang lezat dan gurih karena memakai banyak rempah dan bahan-bahan khas orang timur tengah.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn Hari ini Sabtu, 12 Maret 2022 : Keseharian, Kesehatan, Cinta dan Keuangan

3. Macam-macam Kolak
Makanan yang sering disebut takjil buka puasa ini, biasanya dibuat sendiri di rumahan, atau kita dapat membelinya di jalanan maupun di pasar dan mudah untuk ditemui. Kolak merupakan hidangan manis, yang dikombinasi dengan santan dan gula merah, biasanya menggunakan bahan baku pisang dan biji salak yang dibuat dari ubi.

4. Lontong dan Buras
Makanan yang berbahan dasar beras ini, biasanya sering menjadi primadona pada saat buka puasa di bulan suci Ramadhan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Sahijab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x