Peninggalan Budaya Pangandaran Situs Pananjung Pada Batu Kalde

- 15 Januari 2021, 18:03 WIB
Beberapa orang sedang melakukan studi teknis pemugaran Situs Batu Kalde
Beberapa orang sedang melakukan studi teknis pemugaran Situs Batu Kalde /Dok. BPCB Banten/
PRIANGANTIMURNEWS- Letak peninggalan situs Batu Kalde terletak di Cagar Alam Pangandaran. Bagi kalian yang mungkin sering liburan ke Pangandaran lalu melihat situs ini di Cagar Alam.
 
Situs Pananjung atau populer ditelinga orang dengan sebutan Situs Batu Kalde. Secara Geografis terletak di dusun Pananjung, Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran.
 
Pananjung merupakan sebutan karena situsnya terletak pada sebuah tanjung. Menurut sumber tradisi, daerah tersebut merupakan pusat kerajaan Pananjung, tepat beradanya Candi Pananjung yang merupakan bangunan suci pada masanya.
 
 
Candi yang tersebut sangat erat kaitannya dengan mitos yang berkisah tentang Dewi Rengganis (Dewi Samboja) dan Raden Anggalarang.
 
Bukti kisah tersebut tertera pada makam-makam bajak laut yang datang menyerang kerajaan ketika itu.
 
Menurut data pustaka, Situs Pananjung telah diteliti oleh pusat Arkeologi Nasional pada 1977, 1978, 1983, 1984, 1986, 1987 dan 1991 yang merupakan survei dan ekskavasi.
 
Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa candi tersebut terdiri dari beberapa bangunan.
 
 
Jika dilihat di lokasi beradanya candi, bangunan di sebelah Barat berbentuk bujur sangkar berukuran 12 m X 12 m.
 
Namun untuk berbagai kepentingan, akhirnya bangunan diurung kembali. Artefak dan fiturr yang tampak ke permukaan berupa struktur batu yang tidak beraturan, dan batu-batu bulat yang sebagian batuannya tertanam di dalam tanah.
 
Pada batu-batu bulat itu terdapat bekas gesekan yang memutar membentuk alur-alur. Tidak jauh dari tempat ini terdapat struktur bangunan berbentuk empat persegi panjang yang dipercaya sebagai "makam" para bajak laut.***

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x