Fosil Purba Ditemukan di Sumedang, Pengawasan Harus Lebih Diperketat

- 12 Januari 2022, 18:00 WIB
Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, menunjukkan fosil purba yang berbentuk mirip patahan paha stegodon
Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, menunjukkan fosil purba yang berbentuk mirip patahan paha stegodon /Taufik /KP

PRIANGANTIMURNEWS - Menindaklanjuti penemuan fosil purba di wilayah Desa Jembarwangi dan Darmawangi Kecamatan Tomo, Pemkab Sumedang akan memperketat pengawasan di daerah itu.

Menurut Sekda Sumedang Herman Suryatman, pengawasan ini, sebagai upaya mengamankan aset warisan cagar budaya yang belakangan telah ditemukan oleh para peneliti dari Badan Geologi, Balai Arkeologi, dan ITB.


"Kemarin sore, saya sudah meninjau ke lokasi-lokasi penemuan fosil purba di wilayah Desa Jembarwangi dan Darmawangi. Ternyata di sana masih banyak fosil-fosil purba yang perlu diteliti lebih lanjut," kata Herman Rabu, 12 Januari 2022.

Baca Juga: CARI TAHU, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag yang Sering Kambuh

Dari hasil kunjungan itu, Sekda menyimpulkan, bahwa daerah-daerah tersebut memang dipandang perlu untuk diselamatkan sebagai daerah warisan cagar budaya.

Karena alasan tersebut, maka sesuai kewenangannya Pemkab akan melakukan pengamanan terlebih dahulu.

"Kami sudah meminta kepada Kades Jembarwangi dan Darmawangi supaya melakukan pengamanan terhadap semua temuan fosil dan area penemuannya. Jadi mulai saat ini, pengawasan daerah konservasi itu akan lebih diperketat," ujar Herman dikutip priangantimurnews.com dari kabar priangan.

 

Baca Juga: 4 Kebiasaan Dapat Menurunkan IQ: No 4 Sering Dilakukan

Untuk selanjutnya, sambung Sekda, pihaknya juga telah meminta Pemerintah Desa setempat supaya terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli dan memiliki kesadaran tinggi untuk bersama-sama menjaga daerah konservasi fosil purba.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x