Enam Kebo Bule Milik Keraton Surakarta Ikut Kirab pada Malam 1 Sura

- 19 Juli 2023, 09:00 WIB
Tradisi Kirab Pusaka di malam satu Suro dan kebo bule Kyai Slamet di Surakarta Sumber photo
Tradisi Kirab Pusaka di malam satu Suro dan kebo bule Kyai Slamet di Surakarta Sumber photo /

PRIANGANTIMURNEWS- Tradisi peringatan malam 1 Suro masih kental dilakukan oleh masyarakat, termasuk Keraton Kasunanan Surakarta.

Pada malam 1 Suro yang dilakukan Rabu 18 Juli 2023 biasanya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan melakukan kirap.

Pada acara kirab Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat telah mengikutkan enam ekor kebo bule untuk pelaksanaan kirab malam 1 Sura.

Baca Juga: Kisah Presiden Soekarno Meminjam Wayang Pusaka dari Keraton Kasunanan Surakarta

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Surakarta Kanjeng Raden Aryo Dani Nur Adiningrat di Solo, Selasa mengatakan meski sudah disiapkan namun kepastian berapa kerbau yang akan dikeluarkan masih menunggu perintah Raja Pakubuwono XIII.

Termasuk untuk pusaka keraton yang akan dikeluarkan, menurut dia juga menunggu perintah dari raja. "Pusaka di last minute. Beliau yang memilih dan menentukan mana pusaka yang akan dikeluarkan," katanya.

Meski demikian, jika melihat tahun-tahun sebelumnya biasanya ada sebanyak 13 pusaka keraton yang dikeluarkan pada malam 1 Sura. Namun ia enggan menjelaskan apa saja pusaka tersebut.

 Baca Juga: Konflik Internal Keraton Kasunanan Surakarta Memanas, Ini Kronologi dan Tanggapan Ganjar Pranowo

Sementara itu, terkait dengan prosesi menuju malam 1 Sura sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. "Mulai sore nanti juga ada rangkaian upacara di dalam keraton, salah satunya ada wilujengan. Abdi dalem ada doa bersama di dalam keraton, juga ada yang berdoa di masjid," katanya.

Selanjutnya, persiapan prosesi kirab akan dimulai pada pukul 23.00 WIB dan pukul 24.00 WIB kirab mulai berjalan seiring dengan dibunyikannya lonceng. 

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x