Mau Sukses Bermain Saham, Ini Langkah yang Harus Dilakukan Pemula

- 4 Februari 2021, 21:21 WIB
Ilustrasi pergerakan saham: IHSG pada sebulan terakhir telah mengalami ambruk sedalam 7,20 persen dan di awal bulan ini IHSG kembali bangkit.
Ilustrasi pergerakan saham: IHSG pada sebulan terakhir telah mengalami ambruk sedalam 7,20 persen dan di awal bulan ini IHSG kembali bangkit. /Antaranews/

PRIANGANTIMURNEWS - Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Kata saham sendiri diambil dari bahasa Arab.

Dalam literatur fiqih, saham diambil dari istilah Musahamah yang berasal dari kata Sahm bentuk jamaknya Ashum atau Suhmah yang artinya bagian, bagian kepemilikan.

Perdagangan saham selama pandemi ini mengalami dinamika yang cukup signfikan. Banyak pemegang saham yang gulung tikar, namun tidak sedikit juga pemegang saham yang malah menuai hasil dari investasinya.

Baca Juga: TNI Angkatan Laut Bersama PSDKP Amankan 2 Warga Di Sungai Citanduy Pangandaran

Untuk meminimalisir kerugian, dilansir Priangantimur dari ask.com, berikut beberapa tips bagi para pemula yang hendak berinvestasi saham:

1. Strategi Penelitian
Lakukan riset terhadap beberapa kompetitor, kaji saham secara online, dan bertanya pada rekan yang sudah berinvestasi saham lebih dahulu.

2. Tetap Disiplin
Sebagai seorang pemula, tuntutan kedisiplinan sangatlah penting. Tetap berpegang pada strategi. Hindari sikap tamak ketika nilai saham naik dan takut akan bangkrut ketika nilai saham sedang turun.

Baca Juga: 13 Manfaat Air Kepala Muda, Salah Satunya Bisa Membersihkan Racun di Tubuh

Selain itu, perlu dicatat bagi pemula dan trader (pemegang saham) berpengalaman, konsistensi adalah kuncinya. Rencanakan untuk melakuan perdagangan dengan durasi waktu yang sama setiap hari.

3. Kelola Risiko
Terdapat dua macam risiko di dalam perdangan saham, yaitu risiko harian dan risiko perdagangan. Kelola risiko dengan membatasi kerugian dengan menetapkan persentase yang ketat setiap perdagangan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah