Fuel Pump Bermasalah, Mobil Avanza dan Xenia Keluaran 2017-2019 Direcall, Konsumen Harus Waspada

- 21 Maret 2021, 08:48 WIB
Masalah fuel pump hantui Avanza hingga Xenia yang buat Toyota dan Daihatsu lakukan recall di tengah momen PPnBM 0 persen.*
Masalah fuel pump hantui Avanza hingga Xenia yang buat Toyota dan Daihatsu lakukan recall di tengah momen PPnBM 0 persen.* /Alza Ahdira/PR

PRIANGANTIMURNEWS - PT Toyota dan Daihatsu pada pertengahan Maret 2021 melakukan recall terhadap 9 model mobil produknya.

Salah satu model mobil yang kena recall tersebut adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia produksi 2017-2019.

Penyebab direcallnya dua mobil tersebut karena dalam mobil tersebut ditemukan komponen yang bermasalah, pada bagian pompa bensin (fuel pump).


Permasalahan pada fuel pump ini menyebabkan mobil sering sudah dinyalakan. Dan dalam skenario paling parah mesin jadi mati.

Pada acara webinar yang diselenggarakan Kamis, 18 Maret 2021, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menjelaskan bahwa di dalam fuel pump, ada komponen bernama impeller yang mengalami masalah.

"Masalah pada fuel pump terdapat pada impeller. Impeller yang digunakan untuk memasok bensin ukurannya jadi lebih besar.

"Ada kelebihan sebesar 9 micron. Dari 17 micron menjadi 26 micron pada Impeller," jelas Bambang

 

Kerusakan tersebut adalah mesin mati secara mendadak walaupun sistem kelistrikannya normal.

"Hal ini terjadi karena kan tidak ada suplai bensin yang masuk. Biasanya indikator check engine juga akan menyala pada mesin," katanya lagi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x