BLT Subsidi Upah/Gaji (BSU) Tahap 3 Cair Kapan? Ini Info Terbaru Pemerintah!

- 31 Agustus 2021, 09:42 WIB
ILUSTRASI: BLT gaji 2021, cek status penerima BSU di web Kemnaker dengan cara ini.
ILUSTRASI: BLT gaji 2021, cek status penerima BSU di web Kemnaker dengan cara ini. /Dok. BNI

PRIANGANTIMURNEWS-Pihak penyelenggara BLT Bantuan Subsidi Upah/Gaji (BSU) akan merealisasikan pencairan tahap ketiga dalam waktu dekat.

Sebanyak 1,5 juta data calon penerima telah diserahkan pihak BPJS Ketenagakerjaan pada 19 Agustus lalu.

"Kami harapkan proses penyaluran dan proses verifikasi data dapat berjalan sesuai rencana dan dapat meringankan beban ekonomi pekerja terdampak," ujar Dirut BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo melalui siaran pers yang diterima media beberapa waktu lalu.

Anggoro menggarisbawahi, khusus pada tahap 3, data yang diserahkan merupakan data pekerja yang belum memiliki rekening Himbara.

"Untuk pekerja yang tidak memiliki rekening Bank Himbara, BPJAMSOSTEK dan Kemnaker akan memfasilitasi pekerja untuk membuka akun rekening bank secara kolektif di Bank Himbara. Namun hal ini membutuhkan kerjas ama dan peran aktif perusahaan untuk membantu mengumpulkan secara kolektif data pekerja yang dibutuhkan, sebagai syarat pembukaan rekening," kata Anggoro.

Adapun data yang dibutuhkan dari pemberi kerja untuk pembukaan rekening bank Himbara, kata Anggoro adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nama ibu kandung, nomor telepon selular yang masih aktif, dan alamat e-mail.

Baca Juga: Kenapa BLT Subsidi Upah/Gaji (BSU) Tahap 1 dan 2 Belum Cair? Cek Penyebabnya!

Hingga saat ini, pihak BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan lebih-kurang 3,75 juta data pekerja dalam tiga tahap kepada Pemerintah.

Namun demikian, tidak semua calon pendaftar dinyatakan lolos verifikasi sebagai penerima.

Pada tahap 1, dari total 1.000.200 data pekerja yang diserahkan, hanya 947.699 yang dinyatakan lolos sebagai penerima.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemnaker Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x