Ini Cara Cryptocurrency Digunakan untuk Menyalurkan Uang ke Ukraina, Amankah dari Scammer?

- 17 Maret 2022, 17:02 WIB
Ilustrasi aset cryptocurrency.
Ilustrasi aset cryptocurrency. /Pixabay.com/

PRIANGANTIMURNEWS- Sering difitnah sebagai alat untuk kegiatan terlarang, Bitcoin, Ethereum, dan cryptocurrency lainnya telah menjadi semacam penyelamat bagi Ukraina karena donor telah menggunakan token digital untuk mendanai berbagai penyebab terkait perang.

Menurut laporan Elliptic, sebuah perusahaan analisis blockchai, ada lebih dari 120.000 sumbangan aset kripto (cryptocurrency) dengan total sekitar 63,8 juta dollar telah disalurkan ke Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia.

“Itu akan mencapai 100 juta dollar, segera. Ini adalah jumlah uang yang serius. Pada minggu lain, ini lebih dari apa yang telah diberikan PBB," kata Alex Gladstein, chief strategy officer di The Human Rights Foundation.

Baca Juga: LENGKAP, Daftar Pemenang SCTV Music Award 2022 : Lesti Kejora Raih 4 Penghargaan

Sumbangan cryptocurrency ke Ukrain telah mencapai beberapa tujuan: mereka menghindari biaya yang lebih berat yang dibebankan oleh jaringan keuangan tradisional.

Kemudian, transfer hampir seketika, dan token digital bersifat mobile, mereka dapat diberikan oleh siapa saja dan diakses oleh pemiliknya terlepas dari lokasi mereka.

"Ada hampir dua juta orang Ukraina yang telah melarikan diri ke Eropa dan negara-negara lain dan mereka harus melakukannya dengan cukup cepat," kata Gladstein.

Baca Juga: 5 Tips Komunikasi Lancar dan Percaya Diri: Belajar Ngobrol Lebih Seru!

Pikirkan tentang keluarga kelas menengah. Anda mungkin memiliki beberapa saham dan memiliki rumah atau bagian dari rumah. Anda tidak dapat membawa semua itu bersama Anda.

Ukraina adalah negara keempat yang paling ramah kripto di dunia dalam hal kepemilikan per kapita, sehingga mereka yang melarikan diri mungkin dapat mengambil keuntungan dari aset yang bisa pergi bersama mereka.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: ChainAnalysis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x