Biodata dan Profil Lengkap Roy Suryo Seorang Pakar Telematika yang Jadi Tersangka Kasus Meme Stupa Brobudur!

- 23 Juli 2022, 21:12 WIB
Roy Suryo yang kini ditetapkan jadi tersangka Meme Stupa Brobudur.
Roy Suryo yang kini ditetapkan jadi tersangka Meme Stupa Brobudur. /Instagram @krmroysuryo/



PRIANGANTIMURNEWS - Berikut Biografi dan biodata  Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo atau lebih dikenal dengan nama Roy Suryo.

Roy Suryo adalah seorang pakar Telematika tanah air yang sempat menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga ke-11 di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kabinet Indonesia Bersatu.

Roy Suryo lahir di Yogyakarta pada tanggal 18 Juli 1968 dari pasangan Prof. Dr. Kanjeng Pangeran Haryo Sujono PH, SpS., SpKJ dan Raden Ayu Soeratmiyati Notonegoro.

Roy Suryo menempuh pendidikan dasarnya di SD Netral C Yogyakarta kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kemudian dirinya melanjutkan pendidikan ke Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan ilmu komunikasi sejak 1986-1991.

Baca Juga: Nikita Mirzani Gagal Ditahan, Kini Langsung Tantang Dito Mahendra dan Nindy Ayunda Untuk Bertemu!

Setelah lulus dari jurusan ilmu komunikasi UGM, Roy Suryo lebih banyak menjadi pengajar di beberapa perguruan tinggi seperti ISI dan almamaternya UGM.

Roy Suryo menjadi narasumber seminar dan media massa hingga ahli telematika multimedia dan AIDS. Roy Suryo mengajar di jurusan seni media rekam Institut Seni Indonesia sejak tahun 1994-1995 pernah tercatat sebagai pengajar tamu di program S1 dan D3 komunikasi.

Roy Suryo di UGM mengajar fotografi untuk 8 semester. Namun tidak berstatus sebagai dosen tetap. Roy Suryo di ISI  ia menamatkan pendidikan magister perilaku dan promosi pascasarjana di UGM.

Roy Suryo kerap menjadi narasumber di berbagai media massa di Indonesia untuk bidang teknologi informasi fotografi dan multimedia. Dirinya juga pernah menjadi pembawa acara e-lifestyle di MetroTV selama lima tahun.

Baca Juga: Ini Peran 11 Anggota Jamaah Islamiyah Yang Ditangkap Densus 88 Anti Teror

Oleh media massa Indonesia Roy Suryo sering dijuluki sebagai pakar telematika multimedia dan Informatika. Itu semua erasal dari hobi yang ditekuninya.

Roy Suryo juga mendapatkan penghargaan dari berbagai lomba seperti lomba fotografi tingkat nasional, serta penghargaan dari berbagai pihak diantaranya dari Kadin bidang telematika Menteri Perhubungan Agum Gumelar, majalah trend digital, Telkomsel, dan Garuda Indonesia.

Selain di bidang telematika, Roy Suryo juga berpartisipasi dalam kepengurusan perhimpunan penggemar mobil kuno Indonesia federasi perkumpulan seni foto Indonesia dan juga tercatat sebagai salah satu konsultan teknis di situs resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian Roy Suryo juga tercatat pernah menjadi tutor diklat RCTI, TPI dan reguler di s-ave puskat dan mandiri sejak tahun 1997 menjadi widyaiswara sistem informasi. Diklat DEPDAGRI dan DPN sejak tahun 1998 konsultan internet dan video teleconference DIY bidang teknologi BPPT DIY sejak tahun 1999.

Baca Juga: Citayam Fashion Week di Dukuh Atas Tidak Memiliki Izin Kombes Pol Komarudin: Awalnya hanya Nongkrong

Anggota KPID Komisi penyiaran Indonesia Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 2004-2009. Roy Suryo maju sebagai Calon Legislatif DPR RI dari partai Demokrat daerah pemilihan Yogyakarta dengan nomor urut pertama dirinya mulai menjabat sebagai DPR RI sejak tanggal 1 Oktober 2009 sampai dengan 15 Januari 2013.

Kemudian pada akhir tahun 2012 Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menjadi tersangka dalam kasus korupsi Hambalang. Dia kemudian mengundurkan diri dari jabatannya dan pada awal tahun 2013 Presiden SBY menunjuk Roy Suryo menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru.

Drinya menjabat sebagai Menteri sejak tanggal 15 Januari 2013 sampai dengan  20 Oktober. Pada awal pengangkatannya banyak pihak yang meragukan kemampuan Roy Suryo.

Berdasarkan hasil survei atau jajak pendapat yang dilakukan lembaga pol-tracking Institute yang dilakukan tanggal 13-23 September 2013 secara serempak di 33 provinsi di Indonesia Roy Suryo mendapatkan tingkat kepuasan publik yang relatif lebih tinggi daripada menteri lainnya.

Baca Juga: KAGET! Piala AFF U-16 2022 Batal, Jika Timnas Indonesia dan PSSI Lebih Dulu Gabung Ke EAFF, Cek Faktanya!

Namun dengan angka 21,6 3% kepuasan ini tetap masih kecil sedangkan tingkat ketidakpuasan terhadap peroleh Roy Suryo malah lebih tinggi yakni sekitar 30%. Kemudian pada tahun 2014-2019 dirinya kembali menjadi anggota DPR RI Komisi 1 yang membidangi Intelijen Luar Negeri dan Pertahanan.


Roy Suryo menikah dengan Ririen Suryo, SH, CN, MH. Atau lebih dikenal Ismarindayani Priyanti. Mereka bertemu saat keduanya berkuliah di kampus yang sama yaitu Universitas Gadjah Mada saat itu Ririen berkuliah di Fakultas Hukum sedangkan Roy Suryo berkuliah di jurusan ilmu komunikasi.

Diketahui bahwa Ririen berkarir didunia perbankan sampai menduduki jabatan regional wealth Manager Bank Mandiri kantor wilayah Jakarta Thamrin.

Sebelum akhirnya mengundurkan diri untuk fokus mendampingi Roy Suryo menjalani tugasnya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.***

Baca Juga: Citayam Fashion Week di Dukuh Atas Tidak Memiliki Izin Kombes Pol Komarudin: Awalnya hanya Nongkrong

Editor: Sri Hastuti

Sumber: YouTube Siapa Sebenarnya


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x