Ikan Cupang Menginspirasi Film James Bond

- 3 November 2020, 10:45 WIB
cupang drgaon
cupang drgaon /tim priangantimurnwes 1/

PRIANGANTIMURNNEWS - Memelihara ikan cupang, kini menjadi hobi baru masyarakat. Bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa, politisi, ekonom bahkan artis selebritis juga demen melihara ikan bertubuh mungil dan bersayap ini.

Namun di balik hobi yang dimiliki itu, tentu belum banyak yang mengetahui asal mula ikan cupang ini.


Ikan cupang seperti dikutip priangantimurnews.com dari ikanesia.id, ikan cupang, sebenarnya sudah ditemukan sejak ratusan tahun lembah Mekong di Laos, Thailand (dulu disebut Siam).

Jenis ikan cupang lainnya juga ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Makaysia, Kamboja, Vietnam, sebagian China, dan Indonesia.

Ada banyak ragam dan jenis ikan CUpang. Dan inilah yang bisa membedakan harga ikan cupang. Semakin antik dan langka hargnya pun akan semakin selangit.

Ikan cupang liar yang hanya dapat ditemukan di habitat aslinya, hidup di kolam dangkal, persawahan, dan aliran air yang bergerak dengan suhu di atas 26 derajat selsius atau lebih, kini sudah langka dan sulit ditemukan.

Ikan cupang jenis ini dikenal sebagai ikan dengan 'labirin', organ tubuh ikan ini merupakan sebuah alat pernapasan tambahan berupa lipatan-lipatan epithelium pernapasan. alat tambahan ini merupakan turunan dari lembar insang pertama.

Labirin terletak pada suatu rongga di belakan atau di atas insang, yang dapat membuat ikan cupang bertahan hidup di air yang sangat sedikit dengan menggunakan organ khusus tersebut untuk menghirup oksigen dari permukaan air.

Bahkan sebelum tahun 1800-an, anak-anak Indonesia sudah tertarik dengan cupang. Mereka bisa mengumpulkan sebanyak 50 ekor sekaligus dari sebidang sawah, mereka kemudian akan mengadunya lalu sang pemenang akan menjadi 'juara desa' yang membanggakan. Setelah pertarungan selesai dan luka sang pemenang sembuh, ia akan melawan musuh baru.

Namun sayang seiring dengan teknis pembajakan yang menggunakan mesin, pupuk bahan kimis membuat ikan cupang langka sulit ditemukan atau bahkan telah musnah.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: ikanesia.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x