7 Tips Membantu Menemukan Fokus Pada Diri Sendiri, Bagaimana Berfokus Pada Diri Sendiri

- 21 Desember 2020, 20:32 WIB
Kacamata dan buku
Kacamata dan buku /pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS- Orang membutuhkan cinta, keintiman, dan persahabatan, jadi anda berfokus pada diri sendiri dengan mengejar kebutuhan itu.
 
Berfokus pada diri sendiri bukanlah hal yang egois. Itu adalah tindakan mencintai diri sendiri. Namun jika Anda terbiasa berfokus pada orang lain, mungkin sulit untuk mengubah posisi.
 
 
7 tips ini dapat membantu menemukan fokus pada diri sendiri : 
 
1. Kenali diri Anda dengan lebih baik
 
Membangun hubungan diri yang kuat adalah cara yang bagus untuk mengembalikan fokus Anda pada diri sendiri. Merasa tidak yakin tentang identitas Anda dapat membuat Anda sulit mendapatkan kejelasan tentang apa yang Anda inginkan dari hidup.
 
2. Pastikan Anda mencari apa yang Anda inginkan
 
Kebanyakan orang peduli dengan pendapat orang yang mereka cintai.
 
Tentu, anda tidak secara otomatis melakukan semua yang disarankan keluarga atau teman anda, tetapi anda benar-benar mempertimbangkan bimbingan mereka saat mencoba membuat keputusan.
 
3. Buat rencana perawatan diri 
 
Dalam arti yang paling harfiah, fokus pada diri sendiri berkisar pada praktik perawatan diri yang memenuhi kebutuhan anda.
 
Cobalah meditasi. Menulis atau menggambar di jurnal suasana hati. Membaca buku. Usahakan untuk menghabiskan 2 jam di alam bebas setiap Minggu.
 
 
 4. Berlatih menyayangi diri sendiri
 
Jangan salah, peduli pada orang lain adalah sifat yang positif. Berfokus pada orang yang anda cintai dan menawarkan dukungan emosional saat mereka berjuang menunjukkan belas kasih anda dan memperkuat hubungan anda.
 
5.  Hindari jebakan perbandingan
 
Kebanyakan orang terkadang membandingkan diri mereka dengan orang lain. Mungkin anda merasa sedikit iri pada teman tertentu yang selalu tampak bahagia. "Seandainya saya memiliki otak (atau pasangan, gaya, kekayaan, atau apa pun) mereka, saya juga akan bahagia," pikir anda.
 
6.  Periksalah nilai-nilai anda
 
Tidak jarang anda melupakan nilai-nilai pribadi anda, terutama ketika anda berada dalam masa sulit atau mendapati diri anda lajang setelah menjalin hubungan yang lama.
 
Beberapa nilai, seperti keberanian, optimisme, atau petualangan, mungkin datang secara alami kepada anda. Yang lainnya, termasuk kejujuran, akuntabilitas, atau kepemimpinan, mungkin membutuhkan lebih banyak pekerjaan.
 
7. Garis bawah
 
Gagasan untuk berfokus pada diri sendiri tidak se-egois kedengarannya. Faktanya, ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk kesejahteraan anda.***

Editor: Agus Kusnanto

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah