Gara-gara Terdampak Covid-19, Eksport Sale Pisang Terhenti

- 21 Desember 2020, 12:55 WIB
Keryawan sedang mengemasi sale pisang  di Salah satu produsen sale di Banjarsari Kabupaten Ciamis
Keryawan sedang mengemasi sale pisang di Salah satu produsen sale di Banjarsari Kabupaten Ciamis /pikiran rakyat/Nurhandoko Wiyoso

PRIANGANTIMUR NEWS - Akibat dampak dari pandemi Covid-19, eksport sale pisang produksi perajin Sale Banjarsari Kabupaten Ciamis terhenti.

Para perjin sale kini hanya mengandalkan pasar lokal di wilayah Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Tengah.

Padahal selama ini, saat dalam kondisi normal, sale pisang bisa dieksport ke Malaysia, Singapuraa dan Brunei Darussalam. Setiap minggu ke negara tersebut bisa dua kontainer.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Ciamis Gelar Pasukan Operasi Lilin

Dengan adanya pandemi, kran eksport ditutup, sehingga mereka hanya memenuhi pasar lokal di antaranya Bandung, Jakarta, Semarang, Magelang serta beberapa kota lain.

Pemilik Sale Bilqis Yadi, di Desa Sindangasih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, seperti dikutip pringantimurnews dari Pikiran Rakyat Minggu (20/12/2020), saat awal muncul Covid masih bisa eksport.

Namun ketika Covid makin meluas, pengiriman semakin sulit hingga terhenti ketika Malaysia melakukan lockdown."Sekarang kembali mengandalkan pasar lokal,” tutur

Dia mengungkapkan ekspor ke Malaysia dimulai sejak awal Tahun 2020. Untuk memenuhi pesanan ekspor dua kontainer per minggu, Yadi bergabung dengan beberapa perajin sale lainnya di wilayah Banjarsari.Pada ekspor perdana, Yadi mengirim sebanyak 1.500 bal (kemasan).

Baca Juga: Wisata Alam Citumang Body Rafting Menjadi Paling Populer Kunjungan Wisata Pekan Ini

“Sebenarnya baru melangkah, akan tetapi datang Covid, hingga ekspor terhenti. Saat pandemi permintaan masih banyak, akan tetapi terkendala lockdown. Keadaan seperti ini pengalaman sangat berharga, alhamdulillah pangsa pasar lokal juga tetap tinggi,” katanya.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah