4 Manfaat Sarapan Pagi Hari, Menjaga Kesehatan Jantung Salahsatunya

- 20 Desember 2020, 11:07 WIB
Menu sarapan pagi
Menu sarapan pagi /pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS- Sarapan pagi hari bagi sebagian orang menganggap sebagai suatu hal yang kurang penting.
 
Berbagai alasan untuk meninggalkan sarapan seperti diet, buru-buru dan mengira akan baik-baik saja jika nanti makan siang aja.
 
 
Mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut untuk mengetahui manfaat dari sarapan.
 
Sarapan di pagi hari selain meningkatkan performance badan, sarapan juga dapat mengendalikan gula darah.
 
Sebagaimana diberitakan Semarangku.com dalam artikel "Selamat Pagi, Sarapan Yuk! Inilah Deretan Manfaat Makan Pagi Buat Kesehatan".
 
1. Mengontrol Gula Darah
 
Manfaat makan pagi dapat menjaga kadar gula di dalam darah. Terlepas apakah Andamengidap penyakit diabetes atau tidak hal ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh.
 
Bagi mereka yang sehat atau memiliki kadar gula normal, melakukan sarapan malah dapat menghindarkan kamu dari insulin resistance yang dapat memicu diabetes.
 
2. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal
 
Seseorang yang tidak melakukan makan pagi, dia cenderung akan makan lebih banyak ketika lapar melanda atau ketika makan siang.
 
Kebiasaan tersebut juga bisa memicu mereka untuk memilih makanan tidak sehat seperti junk food.
 
Bagi mereka yang sehat atau memiliki kadar gula normal, melakukan sarapan malah dapat menghindarkan kamu dari insulin resistance yang dapat memicu diabetes.
 
Pernyataan tersebut didukung dengan hasil penelitian yang dipublikasika oleh journal Circulation pada tahun 2017.
 
Bahkan terdapat keterkaitan antara kebiasaan melewatkan makan pagi atau sarapan dengan obesitas.
 
3. Baik Untuk Kesehatan Jantung
 
Sarapan juga baik untuk kesehatan jantung, hal ini berdasar pada penelitian baru yang menyebutkan keterkaitan antara sarapan dengan kondisi jantung yang sehat.
 
Menurut laporan yang dimuat pada Journal or the Amercan College of Cardiologi tahun 2017 bahwa bila seseorang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki resiko lebih besar terkena atherosclerosis.
 
Kondisi tersebut adalah kondisi di mana arteri menyempit dan mengeras karena plak, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya stroke dan serangan jantung.
 
4. Lebih Fokus
 
Sebab lain mengapa Anda harus sarapan adalah untuk meningkatkan metabolism tubuh. Dampak positifnya adalah Anda akan lebih fokus dalam bekerja atau belajar.
 
Pernyataan tersebut didukung oleh hasil penelitian yang menyebutkan bahwa pelajar yang rutin sarapan memiliki nilai yang leibh tinggi.***(Rosy Nursita A/Semarangku.com)

Editor: Agus Kusnanto

Sumber: Semarangku (PRMN)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x