Hubungan Antara Kesehatan Mental dan Kebersihan, Perhatikan 4 Hal Yang Mempengaruhi Mental

- 23 Februari 2021, 21:32 WIB
Ilustrasi, seorang pria sedang mengalami stres.
Ilustrasi, seorang pria sedang mengalami stres. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Ketika beberapa orang merasa kewalahan atau stres, mereka mungkin mencoba yoga, mindfulness, atau bahkan pijatan, tetapi bagi yang lain memberi rak dengan debu, menyeka dapur, atau bahkan mengatur lemari sama bermanfaatnya untuk kesehatan mental mereka.

Faktanya, bagi sebagian orang pemandangan sederhana dari rumah yang bersih dan teratur dapat membantu mereka bersantai dan menghilangkan stres bahkan setelah hari yang melelahkan.

Berikut adalah pandangan lebih dekat tentang dampak pembersihan pada kesehatan mental anda, termasuk manfaat pembersihan dan cara memasukkan jadwal pembersihan ke dalam hidup anda.

Baca Juga: Inilah 5 Deretan Masjid yang Terbesar di Indonesia, Selain Untuk Beribadah Bisa Sekaligus Wisata Religi

1. Dampak Negatif dari Clutter and Mess

Menjaga rumah tetap bersih dan melakukan proses pembersihan itu baik untuk anda.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa pembersihan — atau kurangnya pembersihan — dapat berdampak langsung pada kesehatan mental.

2. Kekacauan Dapat Berkontribusi pada Depresi

Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Personality and Social Psychology Bulletin," menemukan bahwa wanita yang mendeskripsikan tempat tinggal mereka sebagai tempat tinggal yang berantakan atau penuh dengan proyek yang belum selesai lebih cenderung lelah dan depresi daripada wanita yang menggambarkan rumah mereka sebagai tempat yang tenang dan restoratif.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Very Well Mind


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x