Ini Manfaat Berhenti Merokok bagi Keluarga

- 28 Februari 2021, 22:02 WIB
Ilustrasi Beberapa batang rokok.
Ilustrasi Beberapa batang rokok. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Merokok adalah perbuatan yang sangat disenangi oleh sebagian kaum laki-laki dan perempuan.

Padahal, terdapat banyak bahaya merokok bagi kesehatan, keluarga, dan alam sekitar. Namun, sebagian orang menganggapnya sebagai salah satu cara untuk mengakrabkan diri dengan orang lain. Terdapat dua jenis perokok yaitu perokok pasif dan perokok aktif.

Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok, tapi menghirup asap rokok dari perokok lain. Perokok pasif memiliki resiko penyakit lebih rentang daripada perokok aktif. Sedangkan, perokok aktif adalah orang yang merokok setiap hari.

Baca Juga: Perbedaan si Tiga Bersaudara Antara Dukuh, Langsat dan Kokosan

Dilansir dari P2PTM Kemenkes (Kementerian Kesehatan RI) memberikan beberapa manfaat jika Anda berhenti merokok.

Pertama, keluarga yang disayangi terhindar dari faktor risiko penyakit. Perlu diketahui, merokok di dalam rumah akan menimbulkan anggota keluarga menghirup asap dari rokok tersebut.

Asap rokok mengandung berbagai senyawa kimia yang berbahaya, berpotensi mengidap penyakit tidak menular seperti gangguan kardiovaskular, asma, dan kanker paru-paru, dan juga berisiko mendapatkan serangan jantung atau stroke mendadak.

Baca Juga: Ridwan Kamil Rayakan Ulang Tahun Putra Bungsunya dengan Tema Pramuka

Hal ini disebabkan karena darah yang terpapar kandungan asap rokok cenderung menjadi lebih kental dan memicu penyumbatan pada pembuluh darah.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: p2ptm Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x