Indonesia Khawatir Terjadi Tsunami Covid-19 Seperti India, Kuncinya Utamakan Prokes

- 26 Juni 2021, 21:49 WIB
Poster edukasikan dengan prokes.
Poster edukasikan dengan prokes. /Tangkap layar Instagram @drningz/

PRIANGANTIMURNEWS- Beberapa bulan lalu Negara India dihebohkan dilanda bencana non alam tsunami Covid-19. Dampaknya sampai ribuan masyarakatnya terpapar hingga meninggal dunia akibat Covid-19.

"Kini India sudah bebas bahkan sudah bisa menangani tsunami kasus Covid. Ternyata kunci penanganan yang sebenarnya sama dengan apa yang selalu saya tekankan dan saya edukasikan dengan prokes," katanya dikutip priangantimurnews.com dari akun Instagram @drningz Sabtu 26 Juni 2021.

Ia menyebutkan, prinsipnya varian apapun penanganannya sama yaitu protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan batasi mobilitas diluar rumah dan termasuk mengikuti vaksinasi.

Baca Juga: Penularan Virus Covid Airborne Hanya Bisa Dicegah Dengan Masker

"Saat ini negara kita kasus covid-19 saat ini sedang tinggi. Tidak menuntut kemungkinan mungkin Indonesia juga akan menghadapi tsunami Covid seperti di India kalau pemerintah dan masyarakat tidak bekerja sama untuk menghentikannya,"ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini fasilitas kesehatan sudah penuh, sebentar lagi akan kolaps bila penularan tidak dibendung dengan mengutamakan prokes kesehatan.

Menurutnya, menambah bed, tempat tidur pasien gampang, bisa bikin tenda darurat atau memberdayakan tempat-tempat penginapan, tapi bagaimana dengan tenaga-tenaga kesehatannya.

Saat ini nakes juga banyak yang tumbang dan menambah jumlah nakes tidak semudah menambah bed, butuh waktu bertahun-tahun mencetak dokter atau perawat baru, dan tidak sedikit yang sakit hingga meninggal.

Baca Juga: Komitmen Indonesia-Amerika Serikat Membangun Pusat Pelatihan Maritim

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @drningz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x