Beberapa Arti Mimpi Menurut Primbon Jawa

- 6 Januari 2022, 11:03 WIB
Ilustrasi mimpi.
Ilustrasi mimpi. /pixabay/free-photos

PRIANGANTIMURNEWS- Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan emosi, perasaan, pikiran, pengelihatan, pendengaran, dan indra lainnya yang terjadi pada saat kita sedang tidur.

Setiap orang pasti pernah bermimpi. Bagi sebagian orang, mimpi seringkali dianggap sebagai bunga tidur sehingga kadang diabaikan begitu saja.

Namun bagi sebagian orang lainnya, mimpi dianggap sebagai pertanda, firasat, atau isyarat akan datangnya suatu kejadian, sehingga mimpi harus ditafsirkan atau diartikan maknanya.

Baca Juga: 6 Urutan Zodiak yang Rawan Selingkuh seperti Tokoh Aris di Serial Layangan Putus

Pada peradaban kuno, mimpi selalu dikaitkan dengan dunia supranatural. Artinya, dewa-dewa dan roh jahatlah yang muncul dalam mimpi.

Mimpi yang indah dan membahagiakan, diartikan sebagai kehadiran dewa atau Tuhan, sedangkan mimpi buruk dianggap sebagai pertanda kehadiran roh jahat atau setan pada saat kita tidur.

Anggapan-anggapan seperti itu mulai bergeser saat Aristoteles (384-322SM) mengemukakan pandangannya tentang mimpi. Menurut Aristoteles, mimpi merupakan aktivitas mental ketika seseorang tidur.

Baca Juga: UPDATE: Kartu Prakerja Gelombang 23 Siap Dibuka, Simak dan Catat Bulannya

Saat tidur, indera tetap bisa menangkap rangsangan dari luar. Rangsangan itu kemudian diperbesar melalui mimpi. Contohnya, ketika seseorang kedinginan, maka saat tertidur ia bisa saja bermimpi berada dilautan salju.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: primbon Jawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x