Dua Fakta Menarik Jembatan Cirahong

- 13 April 2022, 22:56 WIB
Jembatan Cirahong.
Jembatan Cirahong. /heritage.kai.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Udara sejuk dan embun pagi yang membasahi dedaunan seakan menyambut sinar mentari.

Para pejalan kaki yang menikmati hari libur dengan berolahraga, ada yang menyiapkan barang dagangan, dan ada pula warga yang datang berkendara hanya sekedar memanjakan mata di pagi hari.

Begitulah suasana Pawindan-cirahong yang berpadu dengan aktivitas warga di iringi pemandangan alam indah, selalu di rindukan untuk dijadikan tempat akhir pekan. 13 April 2022.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Ardi Idrus Hengkang dari PERSIB, 2 Tim Siap Menampung

Jembatan Cirahong memiliki kekayaan sejarah dan keindahan alam yang eksotis, tetapi jarang yang mengetahui sejarah berdirinya jembatan Cirahong.

Berikut 2 fakta menarik Jembatan Cirahong.

Yang pertama Sejarah Jembatan Cirahong

Untuk warga di perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya sudah tidak asing dengan Jembatan Cirahong, jembatan yang dibangun tahun 1893 oleh perusahaan kereta api milik pemerintah Hindia Belanda staatspoorwegen pada saat menjajah Indonesia menyisakan sejarah dan kemegahan Jembatan yang sekaligus penghubung dua Kabupaten, 13 April 2022.

Jembatan Cirahong dibangun pada waktu itu dalam rangka mengangkut hasil bumi dari tatar Priangan ke Jakarta, selain itu ada peran penting yang menegosiasi pemerintah belanda hingga di jadikan nya jembatan Cirahong yakni R.A.A Kusumadiningrat Bupati Galuh Ciamis Tahun 1839-1886, atas usulan Kanjeng Prabu dan negosiasi panjang akhirnya pemerintah kolonial menyetujui usulan Kanjeng Prebu.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: heritage.kai.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x