Mau Mudik Liburan Natal dan Tahun Baru? Ini Tips Agar Kamu Bisa Mengontrol Emosi Saat Mengemudi

- 25 Desember 2022, 06:49 WIB
Ini tips agar aman dan tahan emosi saat berkendara.
Ini tips agar aman dan tahan emosi saat berkendara. /

PRIANGANTIMURNEWS- Memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru, tentunya sudah menjadi tradisi bagi setiap orang untuk melakukan perjalanan jauh menuju kampung halaman atau mudik, atau hanya sekedar berlibur bersama keluarga.

Umat Nasrani merayakan Hari Natal pada Minggu, 25 Desember 2022. Sepekan kemudian, bertepatan pula dengan malam pergantian tahun baru 2023. Anak-anak juga sudah memasuki libur sekolah. Praktis, banyak masyarakat yang memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh.

Bagi yang tetap ingin melakukan perjalanan liburan, khususnya mengemudi mobil pribadi, pastikan untuk berhati-hati.

Baca Juga: Tes 16 Personality ENFJ: Si Tokoh Utama MBTI Beserta Link Test Gratis!

Seperti yang dilansir dari Instagram @net2netnews perjalanan jauh ratusan atau ribuan kilometer tentu akan menguras energi. Pakar keselamatan berkendara, Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengingatkan, dibutuhkan kesiapan fisik, mental dan pastinya kendaraan harus dalam kondisi prima.

“Untuk mengurangi risiko kecelakaan, idealnya menerapkan gaya berkendara defensive driving. Artinya pengemudi menitik beratkan pada perilaku dalam membaca potensi bahaya, memahami kemampuan diri, tidak menargetkan waktu ketibaan dan lain-lain,” ucap Sony.

Secara lebih detail mengemudi tidak hanya membutuhkan skill. Tapi banyak hal yang perlu dijaga dalam mengemudi. 

Baca Juga: Tes 16 Personality ENFJ: Si Tokoh Utama MBTI Beserta Link Test Gratis!

Penting bagi pengemudi untuk bisa mengontrol emosinya. Bagi pengemudi baru atau driver baru, memiliki kecenderungan kurang bisa mengendalikan emosional saat mengemudi. 

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x