Studi Laboratorium Tunjukan Harapan Vaksin Moderna COVID-19 Lebih Ampuh Dari Varian Delta

- 30 Juni 2021, 15:35 WIB
Vaksin Moderna COVID-19.
Vaksin Moderna COVID-19. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS– Kasus virus corona secara global masih mengalami peningkatan, khususnya di Indonesia.

Dalam studi laboratorium yang diidentidikasi di India pada Selasa, 29 Juni 2021, vaksin Moderna COVID-19 tunjukan harapan yang lebih ampuh terhadap varian Delta.

Penelitian ini dilakukan pada serum darah yang diambil dari delapan peserta satu minggu sesudah peserta menerima dosis vaksin yang kedua.

Vaksin tersebut menghasilkan antibodi pada semua varian yang sudah diuji termasuk varian beta, dan garis keturunan varian yang diidentifikasi pertama kali di India, termasuk varian Kappa dan Delta.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus Angka 20.467 Per 29 Juni 2021, DKI Jakarta Penyumbang Terbanyak

Data menunjukkan produksi antibodi vaksin Moderna lebih ampuh dan efektif terhadap varian Delta dibandingkan melawan varian Beta.

Terhadap varian Beta, antibodi penetralisir yang diproduksi vaksin berkurang enam sampai delapan kali lipat daripada dengan yang diproduksi untuk melawan strain asli.

"Data baru ini mendorong dan memperkuat keyakinan kami bahwa vaksin Moderna COVID-19 harus tetap protektif terhadap varian yang baru terdeteksi," ungkap Kepala Eksekutif Stephane Bancel dilansir Reuters pada Selasa, 29 Juni 2021.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x