COD Bermasalah? Jangan Marahi Kurir, Ini Prosedur yang Sebaiknya Anda Lakukan

- 30 Juni 2021, 15:08 WIB
Ilustrasi COD
Ilustrasi COD /BPKN RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Akhir-akhir ini, fitur layanan pembayaran di tempat, atau yang dikenal dengan istilah Cash on Delievery (COD), kian populer digunakan dalam bertransaksi, terutama dalam transaksi jual beli melalui e-commerce, atau jual-beli secara online.

Sistem pembayaran COD tersebut berlaku dengan cara konsumen membayar produk pesanannya saat sudah sampai tujuan. Atau dengan cara penjual meminta kurir untuk mengantarkan produk yang dipesan kepada pembeli agar bisa bertemu langsung di suatu tempat yang sudah ditentukan untuk dilakukan transaksi.

Namun, beberapa waktu lalu, ada sejumlah kasus COD yang sempat viral di media sosial dan membuat geger warganet. Salah satunya, seperti kasus saat seorang ibu memarahi dan memaki-maki seorang kurir ekspedisi yang mengantarkan barang pesanan karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Baca Juga: Ini Profil Wenny Ariani, Sosok Wanita yang Mengaku Dihamili Rezky Aditya

Para kurir yang hanya bertugas mengirimkan barang justru jadi korban kemarahan pembeli. Padahal, kesalahan bukan ada pada mereka. Hal inilah yang belum banyak dipahami oleh para pembeli.

Banyak pembeli yang belum paham dan belum mengerti bagaimana aturan main dari sistem jual beli secara online jika barang yang dikirimkan tidak sesuai pesanan.

Maka dari itu, mari kita pahami apa yang harus kita lakukan jika hal semacam itu terjadi.

Baca Juga: Menperin Resmikan Pabrik Daur Ulang Plastik Tebesar di Indonesia

1. Gunakan fitur komplain

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: BPKN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x