Angkatan Bersenjata Ukraina Terima Ribuan NLAW dan Javelin Baru untuk Melawan Rusia

- 2 Maret 2022, 18:50 WIB
FGM 148 Javelin Ukraina
FGM 148 Javelin Ukraina //nationalinterest.org

PRIANGANTIMURNEWS- Javelin dan NLAW (Next Generation Light Anti Tank Weapon) merupakan jenis senjata anti tank yang sangat ditakuti oleh operator pengguna kendaraan lapis baja.

Di theater perang Rusia vs Ukraina kedua senjata ini sudah berhasil membuktikan kemampuannya yang dapat merontokkan banyak tank Rusia yang dikenal memiliki armour tangguh.

Senjata ATGM Javelin dibuat oleh perusahaan senjata Raytheon dan Lockheed Martin, AS. Dioperasikan oleh dua orang dan memiliki jarak tembak maksimum 4.500 meter dengan jarak tembak efektif 2.500 meter.

Baca Juga: Download Sepuasnya Lagu Favorite Mu di MP3 Juice, Dengan Cepat dan Mudah, INI CARANYA

Sementara NLAW dibuat oleh SAAB Bofors – Swedia, tampil sebagai sosok rudal yang lebih ringan. NLAW memiliki bobot 12,5 kg sehingga ideal untuk ditangani oleh seorang personel saja.

Tidak hanya militer Ukraina, di Indonesia TNI juga memiliki dua senjata jenis ini sebagai arsenal pemukul untuk menghancurkan kendaraan lapis baja lawan.

Sementara, persenjataan dan helikopter AS sedikit demi sedikit mulai digeser ke Polandia untuk merespon ketegangan antara Rusia dengan Ukraina.

Polandia termasuk salah satu negara pecahan Pakta Warsawa yang bergabung dengan NATO.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @infokomando.official


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x