Puluhan Kuburan Warga Sipil Ditemukan di Dekat Kyiv

- 10 April 2022, 19:28 WIB
Sisa-sisa rudal di dekat stasiun kereta api di Kramatorsk pada 8 April 2022.
Sisa-sisa rudal di dekat stasiun kereta api di Kramatorsk pada 8 April 2022. /STRINGER/REUTERS

PRIANGANTIMURNEWS- Sebuah kuburan baru dengan puluhan warga sipil Ukraina ditemukan pada Sabtu 9 April 2022 di Buzova, sebuah desa yang dibebaskan di dekat ibu kota Kyiv yang selama berminggu-minggu diduduki oleh pasukan Rusia, kata seorang pejabat setempat.

Taras Didych, kepala komunitas Dmytrivka yang mencakup Buzova dan beberapa desa terdekat lainnya, mengatakan kepada televisi Ukraina bahwa mayat-mayat itu ditemukan di parit dekat pompa bensin. Jumlah korban tewas belum dapat dikonfirmasi.

"Sekarang, kami hidup kembali, tetapi selama pendudukan kami memiliki titik api kami, banyak warga sipil tewas," kata Didych.

Baca Juga: VIRAL DI TIKTOK, Santri di Pesantren Laksanakan Sholat Tarawih dengan Durasi 8 Jam

Ketika pasukan Rusia terlibat dalam serangan terhadap Kyiv pada minggu-minggu pertama invasi Moskow, sejumlah komunitas di sekitar ibu kota, termasuk Makariv, Bucha, Irpin, dan Dmytrivka tetap berada di bawah tembakan terus-menerus.

Media lokal Ukraina pada awal April melaporkan korban ditemukan di dan dekat Buzova, dengan sekitar 30 mayat ditemukan pada saat itu.

Dengan sebagian besar kota dan desa di sekitar Kyiv sekarang direbut kembali, penemuan kuburan massal dan korban sipil telah memicu gelombang kecaman internasional, khususnya atas kematian di kota Bucha, barat laut ibukota.

Baca Juga: Kapan Malam Lailatul Qadar dan Amalan Apa yang Harus Dikerjakan? Simak Penjelasan Buya Yahya

Panggilan untuk gencatan senjata Paskah

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Strait Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x