Rusia Mengatakan Lebih dari 1.000 Marinir Ukraina Menyerah di Mariupol

- 13 April 2022, 21:15 WIB
Anggota layanan pasukan pro-Rusia memuat amunisi ke dalam pengangkut personel lapis baja selama pertempuran dalam konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina 12 April 2022. REUTERS/Alexander Ermochenko
Anggota layanan pasukan pro-Rusia memuat amunisi ke dalam pengangkut personel lapis baja selama pertempuran dalam konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina 12 April 2022. REUTERS/Alexander Ermochenko /

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa 1.026 tentara dari Brigade Marinir ke-36 Ukraina, termasuk 162 perwira, telah menyerah di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung di Ukraina.

Mariupol, yang telah dikepung oleh pasukan Rusia selama berminggu-minggu, telah menyaksikan pertempuran paling sengit dan kehancuran paling komprehensif sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari.

Pelabuhan Laut Azov utama adalah target terbesar di wilayah Donbas timur yang sekarang disebut Moskow sebagai fokus kampanyenya, dan jika direbut akan menjadi kota besar pertama yang jatuh sejak perang dimulai.

Baca Juga: Rusia: Sekitar 1.000 Marinir Ukraina Menyerah di Mariupol

Penangkapannya akan membantu mengamankan jalur darat antara wilayah timur yang dikuasai separatis dan Krimea yang direbut dan dicaplok Rusia pada tahun 2014.

“Di kota Mariupol, dekat Pabrik Besi dan Baja Ilyich, sebagai akibat dari serangan yang berhasil dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia dan unit milisi Republik Rakyat Donetsk, 1.026 tentara Ukraina dari Brigade Marinir ke-36 secara sukarela meletakkan senjata dan menyerah,” kementerian tersebut kata dalam sebuah pernyataan.

Reuters tidak dapat secara independen mengkonfirmasi penyerahan tersebut. Juru bicara kementerian pertahanan Ukraina Oleksandr Motuzyanyk mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang hal itu, dan tidak ada komentar langsung dari kantor presiden Ukraina atau staf umum Ukraina.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa 12 Ramadhan 1443 Hijriyah, Kamis 14 April 2022 Wilayah DKI Jakarta

Pada hari Senin, sebuah posting di halaman Facebook brigade marinir Ukraina mengatakan unit itu sedang mempersiapkan pertempuran terakhir di Mariupol yang akan berakhir dengan kematian atau penangkapan karena pasukannya kehabisan amunisi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah