Keseleo, Jangan Asal Pijat Berikut Penjelasannya

- 13 April 2022, 20:44 WIB
Ilustrasi Seseorang sedang di pijat
Ilustrasi Seseorang sedang di pijat /Tangkapan Layar Youtube ini kata dokter/


PRIANGANTIMURNEWS - Tau gak sih, kaki yang keseleo tidak dianjurkan untuk dipijat atau diurut sembarangan, karena bisa bikin cedera makin parah dan bikin kaki tambah bengkak.

Gimana cara menangani kaki keseleo yang tepat? Keseleo atau kaki terkilir terjadi karena salah gerakan pada pergelangan kaki yang bikin satu atau lebih ligament di pergelangan kaki meregang, bisa juga sampai robek.

Kondisi ini dikenal dengan ankle sprain injury di dunia medis. Ligamen adalah jaringan seperti pita elastis yang menghubungkan antar tulang, juga berfungsi menstabilkan sendi.

Baca Juga: Perjuangan Keras Supaya Dikasih Main! Rela Digaji Seadanya, Pratama Arhan Berjuang di Tokyo Verdy

Kaki yang terkilir disarankan untuk tidak diurut sembarangan, karena pemijatan sembarangan malah hanya akan memperburuk kondisi trauma dan peradangan yang terjadi, bisa bikin tambah bengkak dan malahan memperlambat proses penyembuhan.

Yang aman dilakukan kalo kaki keseleo adalah RICE : atau Rest, Ice, Compression, Elevation Rest, jadi kaki yang keseleo harus di istirahatkan paling tidak 24-48 jam pertama, jangan banyak bergerak atau dipake jalan,

apalagi diurut. Ice, kompres kaki yang keseleo dengan es untuk mengurangi pembengkakan. Es yang dingin bikin pembuluh darah sekitar area cedera jadi mengecil (vasokonstriksi) memperlambat pelepasan zat-zat peradangan yang bergerak menuju daerah cedera,

Baca Juga: Resmi !!! Ciro Alves Gabung Persib, Ngeri Duet Ciro dan David da Silva !!

sehingga bisa mengurangi bengkak kompres es bisa dilakukan 20-30 menit, tiga hingga lima kali sehari, atau sampai pembengkakan mulai mereda.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube ini kata dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x