Begini Alasan Mengapa Ukraina Sangat Ingin Bergabung dengan Uni Eropa

- 4 Mei 2022, 14:00 WIB
Potret Bendera Uni Eropa dan Ukraina
Potret Bendera Uni Eropa dan Ukraina /Instagram @uni_eropa/

PRIANGANTIMURNEWS - Dengan beban kekuatan militer Rusia, Ukraina mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Uni Eropa (UE) pada 28 Februari. Sementara invasi Rusia memberikan dalih langsung, keanggotaan telah menjadi agenda politik Ukraina sejak Revolusi Oranye 2004–2005.

Permintaan Presiden Volodymyr Zelenskyy adalah tindakan simbolis. Itu adalah klaim untuk identitas Eropa Ukraina untuk diakui dan berpaling dari Rusia, menuju Barat.

Ini mengakui Uni Eropa sebagai mewakili seperangkat nilai dan cita-cita yang diklaim Ukraina untuk dibagikan, berbeda dengan rezim Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca Juga: Tim Sepak Bola Nasional Rusia, Klub Dilarang Dari Kompetisi Eropa

Zelenskyy juga ingin menempatkan Ukraina di jalur yang diambil oleh delapan negara Eropa Tengah dan Timur (CEEC) hampir dua dekade sebelumnya.

1 Mei adalah peringatan 18 tahun perluasan "ledakan besar" UE, ketika Ceko (juga dikenal sebagai Republik Ceko), Estonia, Hongaria, Latvia, Lituania, Polandia, Slovakia dan Slovenia, bersama Siprus dan Malta, disambut di Persatuan.

Stabilisasi dan transformasi CEEC melalui perluasan tahun 2004 telah menjadi salah satu keberhasilan paling signifikan dari integrasi Eropa.

Baca Juga: Musk Mengatakan Twitter Mungkin Mengenakan Sedikit Biaya untuk Pengguna Komersial dan Pemerintah

Niat yang mendasari selalu untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di benua Eropa, mencegah kembalinya konflik yang menghasilkan dua perang dunia.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x