Gempa Kuat 6,6 SR Melanda Nepal Mengakibatkan Enam Korban Tewas

- 9 November 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi Pusat Gempa Nepal
Ilustrasi Pusat Gempa Nepal /Instagram @malaysia_info/

 

PRIANGANTIMURNEWS - Gempa berkekuatan 6,6 melanda Nepal Rabu pagi (9 November), menewaskan sedikitnya enam orang, menghancurkan beberapa rumah di distrik barat Doti dan mengguncang ibu kota India, New Delhi, kata para pejabat.

Lima orang lainnya terluka parah ketika delapan rumah runtuh, kata Bhola Bhatta, wakil inspektur polisi di Doti, membenarkan angka sebelumnya yang dibagikan oleh pejabat kementerian dalam negeri Tulsi Rijal. Para korban luka telah dilarikan ke rumah sakit setempat, kata polisi.

Nepal masih membangun kembali setelah dua gempa bumi besar pada tahun 2015 menewaskan hampir 9.000 orang, menghancurkan seluruh kota dan kuil-kuil berusia berabad-abad dan menyebabkan pukulan senilai US$6 miliar terhadap ekonomi.

Baca Juga: Shakira dan Gerard Pique Mencapai Kesepakatan Tentang Hak Asuh Anak Setelah Putus, Ini Fakta Hubungannya!

"Menyatakan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka yang meninggal dalam gempa bumi," tulis Perdana Menteri Sher Bahadur Deuba di Twitter. "Saya telah menginstruksikan instansi terkait untuk mengatur perawatan segera dan tepat bagi yang terluka dan para korban."

Narayan Silwal, juru bicara tentara Nepal, mengatakan tim penyelamat darat telah dikerahkan ke lokasi dan dua helikopter bersiaga di dekat kota Surkhet dan Nepalgunj.

Kalpana Shrestha, seorang birokrat senior di distrik Doti, mengatakan rincian sedang dikumpulkan dari desa-desa dekat pusat gempa dan bahwa satu anak termasuk di antara mereka yang diselamatkan dari bawah reruntuhan.

Pusat seismologi Nepal mengatur gempa pada magnitudo 6,6. Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) memperkirakan gempa berkekuatan 5,6 SR.

Baca Juga: JADI PAWANG PREDATOR EPL!! Detik Detik Ivan Toney Striker Brentford Emosi ke Elkan Baggot

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x