GAWAT! Indonesia Berpotensi Tsunami 34 Meter dan Gempa Megathrust 8,9 SR, Selengkapnya Riset BMKG!

- 3 November 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi Seismograf gempa
Ilustrasi Seismograf gempa /Instagram @bmkg/

PRIANGANTIMURNEWS - Sebuah laporan ilmiah mengungkapkan ada wilayah Indonesia yang menyimpan sumber potensial gempa megathrust wilayah itu meliputi Selatan Jawa bagian barat dan Tenggara Sumatera.

kekuatan gempa itu diperkirakan mencapai magnitudo 8,9 dan dapat memicu tsunami hingga 34 meter ketinggian tsunami itu bahkan melebihi tsunami Aceh pada 2004 Silam.

Seperti dilansir priangantimurnews.com dari BMKG, peneliti University of Cambridge mengatakan gempa itu akibat pertemuan Lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah Lempeng Sunda.

Baca Juga: BOCOR! Draft Jadwal Kelanjutan Liga 1! Ada Big Match Persib vs Persija, David da Silva Tak Sabar Lagi!

Kendati demikian kemungkinan dan frekuensi peristiwa ini masih belum dapat dipahami dengan baik.

lebih lanjut para peneliti menemukan adanya Celah seismik yang besar di Selatan Jawa bagian barat dan Tenggara Sumatera.

seismik ini digambarkan dengan jelas oleh pola kegempaan yang melengkung kuat di atas Lempeng Sunda yang menunjang.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Liga Champions Beserta TopSkor, Top Assist, Klasemen dan Daftar Tim Lolos ke Babak 16 Besar

Selain itu ditemukan juga adanya gugus hampir vertikal di Selatan Jawa bagian barat yang kemungkinan terkait dengan patahan bekras atau Caesar belakang zona kegempaan ini menjadi sumber potensial gempa megathrust di masa depan.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x