Korban Jiwa Gempa Turki Tembus Angka 12 Ribu , Jadi Guncangan terparah Kedua Sejak Tahun 1999

- 9 Februari 2023, 07:20 WIB
  Salah satu Provinsi yang rusak parah akibat Gempa Turki, hampir kebanyakan aparteman dan gedung rata dengan tanah.
Salah satu Provinsi yang rusak parah akibat Gempa Turki, hampir kebanyakan aparteman dan gedung rata dengan tanah. / Anadolu/

PRIANGANTIMURNEWS - Korban jiwa akibat gempa Turki tembus angka 12.000 orang dalam pembaharuan jumlah total yang dilaporkan oleh pemerintah dan otoritas Turki.

Dimana Laporan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bahwa korban jiwa yang meninggal akibat gempa Turki di negaranya mencapai angka 9.057 orang.

Laporan tersebut kemudian di perbaharui oleh laman berita Inggris, The Guardian yang dalam pantauannya hingga 9 Februari 2023 jumlah korban jiwa Turki-Suriah capai 12.000 jiwa.

Baca Juga: Cipak Koceak Garut, Pedasnya Membara di Mulut! Pelopor Pertama di Indonesia?

Dimana rincian menunjukkan bahwa korban meninggal di Turki mencapai angka 9.100 orang dan korban meninggal di Suriah mencapai angka 2992 orang dalam insiden gempa Turki 7,8 Magnitudo.

Pihak Suriah menyampaikan kabar bahwa mayoritas korban jiwa berada di bagian barat laut negara tersebut.

Parahnya, kantong jenazah di Suriah hampir habis. Menyebabkan upaya penanganan bencana dari negara yang dilanda perang saudara itu akhirnya tak terkondisikan.

Relawan bantuan dari Islamic Relief, Salah Aboulegasem yang tengah berada di Kota Gaziantep, Turki menyampaikan bahwa sangat jauh perbedaan pengkondisian antara negara Turki dan Suriah.

"Perbedaan besar Turki dan Suriah adalah bahwa di Turki ada upaya terkoordinasi dalam pencarian dan penyelamatan, sedangkan di Suriah itu hal itu tak terjadi," ujarnya.

Baca Juga: Diadang Isu Resesi dan Ekonomi Tak Menentu, Cari Tahu E-Commerce Apa No.1 Pilihan Penjual  

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x