Dua WNI Ditemukan Meninggal Dibalik Reruntuhan Apartemen, Kedua Jenazah Akan Segera Dipulangkan ke Indonesia

- 19 Februari 2023, 06:30 WIB
Salat jenazah bagi WNI yang meninggal akibat gempa di Turki, Sabtu (18/2/2023). (ANTARA/HO-KBRI Ankara)
Salat jenazah bagi WNI yang meninggal akibat gempa di Turki, Sabtu (18/2/2023). (ANTARA/HO-KBRI Ankara) /



PRIANGANTIMURNEWS - Kedua WNI korban gempa Turki, Irma Lestari asal Lombok dan Ni Wayan Supini asal Bali, telah ditemukan dalam keadaan meninggal.

Kedua korban gempa Turki asal Indonesia itu ditemukan dibalik reruntuhan Apartemen Galeria di Kota Diyarbakir pada Jumat (17/2).

Diberitakan Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, telah menyampaikan berita duka ini secara langsung kepada keluarga kedua WNI itu di Indonesia.

Baca Juga: Tragedi Gempa Turki, 'Bircan' Selamat Setelah Tertimbun Reruntuhan

"Kita semua sangat berduka cita. Insya Allah dengan telah terkonfirmasinya jenazah kedua saudara kita, KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri akan segera mengupayakan pemulangan jenazah ke kampung halaman masing-masing", kata Iqbal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Kedua jenazah dapat diketahui identitasnya atas kerja tim DVI Polri yang proses peng-identifikasianya dilakukan di Hatay.

Dikabarkan juga sebelumnya, pada 16 Februari Tim gabungan KBRI Ankara - INASAR (BASARNAS) yang dipimpin langsung oleh Direktur Perlindungan WNI Judha Nugraha, telah berangkat menuju Diyarbakir untuk mencari kedua WNI tersebut.

Lantas setibanya di Dyarbakir Tim berkoordinasi dengan AFAD (Badan Penanggulangan Bencana Turki) untuk proses pencarian di apartemen Galeria Residence yang menjadi tempat menginap kedua WNI itu.

Baca Juga: Calon Jemaah Haji Kabupaten Bogor Tecatat Paling Banyak, Bupati Janji Akan Tingkatkan Kualitas Layanan

Diketahui kedua korban gempa Turki itu adalah pekerja migran Indonesia sebagai terapis spa profesional di Dyarbakir.

Ada 89 orang korban meninggal yang lain di Apartemen itu, dan menurut informasi kondisi dari gedung Apartemen Galeria hancur total rata dengan tanah.

Saat ini tim sedang membawa jenazah dari Diyarbakir ke Adana untuk dipulangkan ke tanah air dan akan diberangkatkan dari Adana ke Jakarta pada 22 Februari.

Baca Juga: Kabar Duka! Irma Lestari dan Ni Wayan Supini, Pekerja Migran Indonesia Meninggal Dunia di Turki

Menurut KBRI, ada sekitar 500 orang WNI yang berada di sekitar lokasi gempa,128 orang di antaranya berhasil dievakuasi oleh Tim KBRI Ankara. Sejumlah lainnya selamat dan sudah mendapatkan tempat penampungan yang aman di sekitar wilayah gempa.***

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x