Rusia Menyerang Suriah! Langgar Zona De-Eskalasi dan 9 Warga Sipil di Idlib Suriah Meninggal

- 26 Juni 2023, 08:00 WIB
 Pasukan udara  Rusia kembali menyerang wilayah zona de-eskalasi di pasar sayur pusat distrik Jisr al-Shughur, Idlib, Suriah pada Minggu, 25 Juni 2023 oleh Rusia./Anadolu
Pasukan udara Rusia kembali menyerang wilayah zona de-eskalasi di pasar sayur pusat distrik Jisr al-Shughur, Idlib, Suriah pada Minggu, 25 Juni 2023 oleh Rusia./Anadolu /

PRIANGANTIMURNES - Pasukan udara  Rusia kembali menyerang wilayah zona de-eskalasi di pasar sayur pusat distrik Jisr al-Shughur, Idlib, Suriah.

Serangan udara tersebut diluncurkan pada Minggu, 25 Juni 2023 oleh Rusia. Menyebabkan sebanyak sembilan warga sipil meninggal dalam serangan itu.

Sementara laporan lainnya yang disampaikan oleh White Helmets, 30 orang lainnya dinyatakan terluka ringan hingga serius dalam insiden pelanggaran perjanjian zona de-eskalasi tersebut.

Baca Juga: Presiden Zelensky: Rusia Memahami sangat baik bahwa mereka akan kalah perang dengan Ukraina

Bersamaan dengan konfirmasi korban, kelompok pertahanan sipil White Helmets mengatakan serangan itu menghantam pasar sayuran di pusat distrik Jisr al-Shughur.

Korban tewas dikhawatirkan bertambah karena yang terluka dirujuk ke rumah sakit untuk perawatan cukup banyak.

Perlu diketahui Pasar sayur di pusat distrik Jisr al-Shughur adalah satu dari zona de-eskalasi di Kota Idlib Suriah yang terkena dampak Gempa Turki dahsyat beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Suriah Turun Tangan Hadapi Agresi Israel, 3 Roket Ditembakkan ke Dataran Tinggi Golan

Kondisi ini malah semakin membuat pihak oposisi Suriah (Pro-Demokrasi) benar-benar semakin terpuruk, parahnya warga sipil adalah sasaran empuknya.

Pada September 2018, Turki dan Rusia setuju untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi dilarang secara tegas.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x