Pihak Militer Sudan Umumkan Gencatan Senjata Sepihak, Jelang Hari Raya Idul Adha

- 28 Juni 2023, 08:00 WIB
Militer Sudan umumkan gencatan senjata sepihak oleh pasukan RSF, menjelang Hari Raya Idul Adha. Diumumkan di stasiun TV lokal pada Selasa, 27 Juni 2023./Antara
Militer Sudan umumkan gencatan senjata sepihak oleh pasukan RSF, menjelang Hari Raya Idul Adha. Diumumkan di stasiun TV lokal pada Selasa, 27 Juni 2023./Antara /

PRIANGANTIMURNEWS -  Militer Sudan yang dipimpin oleh Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, mengumumkan gencatan senjata sepihak jelang perayaan Hari Raya Idul Adha.

Pidato Burhan disiarkan melalui televisi lokal pada hari Selasa, 27 Juni 2023. Dengan meminta para pemuda untuk ikut membela negara baik di dalam maupun di luar negeri.

Dengan mendukung angkatan bersenjata Militer Sudan atau pun memberi dukungan lainnya.

Baca Juga: AS Tuduh Wagner Grup Memasok Rudal ke Pasukan RSF di Sudan

“Konspirasi menuntut setiap orang untuk sadar dan siap untuk menanggapi ancaman eksistensial terhadap negara kita," ujar Pemimpin Militer Sudan, Burhan

"Karena itu, kami memanggil semua pemuda dan yang dapat membela dan untuk tidak ragu memainkan peran ini, baik dari mana dia tinggal atau dengan bergabung dengan angkatan bersenjata,” lanjurnya.

Pengumuman gencatan senjata sepihak disampaikan pada publik setelah saingannya, Kepala Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter (tentara bayaran) Sudan, Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo.

Baca Juga: IOM Sebut Hampir 843.000 Jiwa Mengungsi Sejak Perang Saudara Sudan Terjadi

Dikenal dengan nama Hemedti, mengumumkan gencatan senjata 'sepihak' tersebut selama dua hari dalam pertempurannya melawan Tentara Sudan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh RSF yang disampaikan melalui media sosial Facebook dengan bentuk rekaman audio pada Senin, 26 Juni 2023.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x