Letusan Dahsyat Gunung Hunga Tonga, Sebabkan Gelombang Kejut Besar dan Tubuh Runtuh Sebabkan Tsunami

- 1 Juli 2023, 22:24 WIB
Letusan Gunung Huang Tong dan Keruntuhan badan pulau pada Sabtu, 15 Januari 2022. Menghasilkan Tsunami, perubahan iklim dan gelombang kejut besar.
Letusan Gunung Huang Tong dan Keruntuhan badan pulau pada Sabtu, 15 Januari 2022. Menghasilkan Tsunami, perubahan iklim dan gelombang kejut besar. /YouTube/iGadgetPro/

PRIAGANTIMURNEWS - Letusan dahsyat gunung berapi Huang Tong - Hunga Ha'apai pada tahun 2022 menyebarkan gelombang kejut besar dan keruntuhan pulau yang sebabkan Tsunami.

Letusan gunung berapi yang terletak 30 km (kilometer) dari tenggara Pulau Fonuafo'ou Tonga tersebut sangat eksplosif. Hingga dampaknya dapat terasa hingga Amerika Serikat (AS), Alaska dan bahkan Jepang.

Aktivitas meningkat sejak 20 Desember 2021, tapi pada tanggal 11 Januari 2022 aktivitas Gunung Berapi tersebut dinyatakan menurun dan berhenti.

Baca Juga: Destinasi Wisata Alam Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat Mulai Ramai Pengunjung

Hingga akhirnya letusan Gunung Huang Tong terjadi dua kali, yakni pada tanggal 14 Januari 2022 dan yang paling dahsyat pada tanggal 15 Januari 2022.

LETUSAN DAHSYAT

Letusan pertama terjadi pada hari Jumat, 14 Januari 2022 dengan melemparkan abu vulkanik setinggi 20 km ke udara.

Saat itu dalam peta, Gunung berapi yang juga merupakan pulau kecil tak berpenghuni layaknya Anak Krakatau tersebut masih meletus di permukaan.

Baca Juga: 56 Kali Meletus: Anak Krakatau Menempati Urutan Pertama Gunung Api Paling Aktif di Indonesia Tahun 2023

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Instagram @metoffice


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x