Pertemuan D-8 di Turki: Akan Soroti Sikap Kolektif Isu Palestina-Israel

- 6 Juni 2024, 14:08 WIB
Pertemuan negara berkembang atau D-8 akan dilaksanakan di Istanbul, Turki pada Sabtu, 8 Juni 2024. Salah satunya menitikberatkan isu Palestina-Israel. 
Pertemuan negara berkembang atau D-8 akan dilaksanakan di Istanbul, Turki pada Sabtu, 8 Juni 2024. Salah satunya menitikberatkan isu Palestina-Israel.  /Anadolu/

PRIANGANTIMURNEWS - Pertemuan D-8 atau Organisasi Kerjasama Delapan Negara Berkembang akan dijadwalkan di Istanbul, Turki pada Sabtu, 8 Juni 2024 mendatang.

Pertemuan luar biasa tersebut akan berfokus pada isu-isu Palestina-Israel dan sikap kolektif delapan negara untuk menyatakan menentang sikap Israel.

Disebutkan juga bahwa forum itu akan membentuk front persatuan untuk melawan Israel yang semakin menggila di Jalur Gaza Palestina.

Baca Juga: Sidang Percobaan Pembunuhan WNA Turki di Bali: Pengamanan Ketat TNI-Polri Hadirkan Drama Menegangkan

Deklarasi bersama serta pembahasan tindak lanjut dari gencatan senjata kemungkinan juga akan menjadi salah satu hasil utama pertemuan tersebut.

Forum D-8 beranggotakan negara-negara mayoritas Muslim seperti Turki, Malaysia, Banglades, Mesir, Pakistan, Nigeria, Iran dan juga Indonesia.

Sebab semua negara Muslim, forum itu pula mewakili dan dapat menambah bobot pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Liga Arab perkara krisis yang dialami Palestina.

Baca Juga: Timur Tengah Memanas: Turki Serang Suriah dan Irak Utara, Basmi Teroris PKK dan YPG

Pertemuan itu akan dihadiri oleh Menteri Luar negeri (Menlu) masing-masing negara atau perwakilannya. Retno Marsudi, Menlu Indonesia termasuk salah satu tamu undangan.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah