Pandemi Covid 19 Masih Mengancam, Pelaksanaan Ibadah Ramadan Tunggu Fatwa MUI

- 1 April 2021, 22:42 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /@ridwankamil/Kamis, 1 April 2021

PRINGANTIMURNEWS - Pandemi Covid 19 belum diproklamirkan selesai. Maka pada ramadan tahun ini kemungkinan pelaksanaan ibadahnya sama dengan tahun lalu.

Namun secara pastinya masih menunggu fatwa MUI Jabar terkait pelaksanaan ibadah bulan Ramadan tahun ini.


"Kemarin saya pidato di pelantikan Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat, mereka sedang merapatkan ya mudah-mudahan satu hari, dua hari ini keluar walaupun ormas-ormas Islam secara nasional kan sudah ya," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 1 April 2021.

Baca Juga: Waspada Strategi Lone Wolf Teroris, Hendardi: Melumpuhkan Teroris Dibenarkan


Menurut dia, keputusan ormas-ormas Islam rata-rata arahnya memang tarawihnya di rumah dan tidak ada buka bersama. 

"Kasus Covid-19 ini kan belum diproklamasikan selesai pandeminya sehingga hampir sama dengan tahun lalu, kita tidak boleh euforia. Pada saat kita buka bersama kita buka masker makan rame-rame, ngobrol ketawa-ketawa itu potensi virus dropletnya kan beredar dalam suasana itu,"kata dia. 


Dikatakan Ridwan, jika masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan di ketika bukan puasa tentunya kasus yang sudah turun oleh PPKM mikro ini takut naik lagi. 


"Resminya mohon tunggu karena ini urusan syariat agama maka keputusan pemerintah sekarang menunggu fatwa secara resmi dari MUI Jabar yang kemarin baru dilantik," ucap dia.

Baca Juga: Jurnalis Tasikmalaya Kecam Pengeroyokan Nurhadi Wartawan Tempo, Polisi Diminta Usut Tuntas

Sidang Isbat
Sementara itu, Sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 H akan digelar pada 12 April 2021 M secara daring dan luring. Hal ini ditegaskan oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin saat memimpin rapat persiapan Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H di Gedung Kemenag Thamrin, Jakarta.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah