Harga Cabai Akan Turun Pada Bulan Ramadan Mendatang, Berikut Alasannya

- 25 Maret 2021, 16:44 WIB
Petani cabai Dodi Rosadi memperlihatkan cabai keriting di lahan garapannya di Kampung Cisurupan, Desa Cukanggenteng, Pasirjambu, Kabupaten Bandung
Petani cabai Dodi Rosadi memperlihatkan cabai keriting di lahan garapannya di Kampung Cisurupan, Desa Cukanggenteng, Pasirjambu, Kabupaten Bandung /. Pikiran Rakyat/Ade Mamad Sam

PRIANGANTIMURNEWS - Harga cabai pada bulan ramadan hingga lebaran diperkirakan akan mengalami penurunan.

Penurunan terjadi karena pada bulan tersebut akan terjadi panen raya cabe di beberapa daerah di Kabupaten Garut.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Garut, Erwin Rianto Nugraha.

Baca Juga: UPDATE: Banjir Setinggi 70 Centimeter Merendam Ratusan Rumah di Kabupaten Tasikmalaya

Seperti dikutip priangantimurnews.com dari antara, Erwin menyebutkan saat ini harga cabai rawait inul sangat tinggi karena ketersediaan tal sesuai dengan permintaan.

"Saat ini harga cabai khususnya cabai rawit inul sangat tinggi karena ketersediaannya tak sesuai dengan tingkat permintaan. Namun persediaannya akan melimpah pada April nanti karena akan ada panen raya sehingga hargany pun akan turun," ujar Erwin, Rabu 24 Maret 2021.

Erwin menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pertanian, bahwa panen raya cabai akan terjadi pada bulan April di lahan seluas sekitar 229 hektare. Setelah itu panen raya kembali terjadi di lahan seluas 240 hektare.

Dengan adanya panen raya tersebut, tuturnya, maka pada Ramadhan yang jatuh bulan April dan Lebaran yang jatuh pada bulan Mei, ketersediaan stok cabai akan aman. Karena tidak terjadi lagi kelangkaan, maka otomatis harga cabai pun akan turun.

Baca Juga: Tragis, 10 Orang Meninggal Dunia Dalam Peristiwa Kebakaran di Mataram Jakarta Timur

Mahalnya harga cabai yang terjadi selama ini di Kabupaten Garut, menurut Erwin diakibatkan belum adanya panen raya di sentra-sentra tanaman cabai di Garut. Untuk memenuhi kebutuhan cabai di Garut selama ini, didatangkan dari luar Garut.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah