Harga Cabai Rawit Terus Melonjak, Tembus Rp120.000 per Kilogram

- 31 Januari 2021, 23:13 WIB
 Seorang pedagang cabe rawit atau cabe domba di Pasar Majalengka sedang melayani pembeli.
Seorang pedagang cabe rawit atau cabe domba di Pasar Majalengka sedang melayani pembeli. /Tati Purnawati/Pikiran Rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS - Harga cabe rawit dan cabe merah kini kembali mengalami kenaikan cukup mencengangkan.

Di sejumlah pasar tradisional di Majalengka harga cabe rawit mencapai Rp 100.000 hingga Rp 120.000 per kg di tingkat eceran.

Terjadinya kenaikan harga cabe rawit ini diduga terjadinya erupsi Gubung Merapi yang berdampak pada rusaknya sayuran di wilayah tersebut.

Baca Juga: Tren Keladi Tri Color, Tanaman Hias yang Sedang Diburu oleh Ibu-ibu

Di warung atau pedagang keliling harga cabe rawit jenis cabe domba atau masyarakat Majalengka menyebutnya cengek domba Rp hampir Rp 6.000 untuk lima buah cengek.

Untuk harga cengek domba telah mencapai Rp 120.000 per kg sedangkan cengek biasa seharga Rp 100.000 per kg demikian juga dengan cabe merah.

Harga cabe di tingkat petanipun kini meningkat tajam mencapai Rp 60.000 per kg. Makanya petani yang menanam cabe di wilayah Argalingga dan Sangiang kini tengah meraup keuntungan yang cukup besar.

Baca Juga: Ratusan Korban Investasi Jabon Datangi PT GMN, Uang Investasi Mencapai Rp17 Miliar

Seperti dikutip Priangantimurnews dari Pikiran Rakyat, Eti petani cabe mengaku menyesal haya menanam dua petak saja karena tidak menduga harga akan melonjak seperti saat ini. Setiap sepuluh hari sekali dia penen karena menunggu sebagian berwarna merah.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x