Mengenang Masa Kecil, Guberur DKI Jakarta Anies dan Ridwan Kamil Sholat Subuh Berjamaah di Tanah Puser Sunda

- 13 Juni 2021, 13:02 WIB
 Gubernur DKI bersama dengan gubernur Jabar Ridwan Kamil sedang di Masjid Agung Sumedang
Gubernur DKI bersama dengan gubernur Jabar Ridwan Kamil sedang di Masjid Agung Sumedang /Instagram @aniesbaswedan/

PRIANGANTIMURNEWS - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ternyata memiliki kenangan masa kecil yang sama soal Sumedang.


Anies misalnya, sering melakukan perjalanan dari Kuningan tempat hingga.orangtuanya menuju Bandung pasti lewat Sumedang.

Saat itu Anies selalu melaksanakan sholat subuh di Masjid Agung Sumedang bersama dengan Rossa Kamil dan Ahmad Dony.

Untuk mengenang itu, saat kunjungan kerja, Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Anis Baswedan melaksanakan sholat subuh berjamaah di sebuah Mesjid besar yang dikenal Masjid Agung Sumedang dimana dulu menjadi puser sunda.

"Subuh di Sumedang. Bersyukur bisa wudhu dengan air segar Kota Sumedang, bersujud di tanah yang jadi puser sunda, di mana dulu berdiri sebuah negeri bernama: Sumedang Larang," kata, Anis dikutif priangantimurnews.com dari akun Instagram @aniesbaswedan Minggu 13 Juni 2021.

Kata, Anis Kuningan tidak jauh dari Sumedang. Dalam satu payung budaya sunda. Ibu dan nenek, serta seluruh keluarga besar sehari-hari berbahasa sunda.

Ibu dan nenek hingga kini di rumah kami, keluarga sehari-hari masih tidak berubah, hanya bisa ngobrol dengan bahasa Sunda.

"Masa kecil sering melewati kota ini jika perjalanan dari Kuningan ke Bandung. Ibu dahulu sempat menjadi dosen di IKIP Bandung (Sekarang UPI). Kami meniti rute Kuningan, Cikijing, Majalengka, Sumedang lalu Bandung," kata, Anis yang ternyata dari keturunan asal Kuningan.

Anis pun bernostalgia tempo dulu katanya, keindahan alam sepanjang jalan jadi kenangan tersendiri; untung waktu itu belum ada HP. Jadi mata tidak terpancang ke layar HP, tapi sepanjang perjalanan mata melihat ke alam, kenangan pemandangan alam.

"Jumat pagi itu, saya di Masjid Agung Sumedang bersujud bersama kang @ridwankamil Gub Jabar dan Kang @dony_ahmad_munir Bupati Sumedang serta para ulama dan tokoh masyarakat," kata, Anis.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @aniesbaswedan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x