BMKG: Cuaca Ekstrem Wilayah Jawa Barat Terdeteksi La Nina, Berikut Wilayah Terdampak dan Akibatnya, WASPADA!

- 12 November 2021, 18:16 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem yang mengerikan
Ilustrasi cuaca ekstrem yang mengerikan /Pexels

 

PRIANGANTIMURNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Barat deteksi adanya La Nina dan cuaca ekstrem di wilayah Jabar, khususnya Priangan Timur.

Dari pantauan BMKG sebut adanya anomali Suhu Muka Laut (SST) dalam dilayah pengamatannya yang disebut Nino 3,4. Hal tersebut menunjukan nilai potensi terjadinya La Nina dan bahkan sudah berlangsung.

Selain itu BMKG dan sebagian layanan iklim Internasional menyebutkan bahwa prediksi kondisi La Nina akan terjadi sampai Mei 2022.

Baca Juga: Presiden Jokowi Taklukan Sirkuit Mandalika, Sebut ada 17 Tikungan Tajam

Dampak La Nina akan mulai dirasakan pada bulan November dan puncaknya akan terjadi pada periode Desember 2021 hingga Maret 2022. Sebagaimana disampaikan BMKG Bandung kepada Priaangantimurnews.com melalui pesan siaran WhatsApp pada Jumat, 12 November 2021.

Dampak La Nina terhadap Jawa Barat

Dampak yang ditimbulkan oleh La Nina pada wilayah Jawa Barat pada umumnya, adalah merubah pola curah hujan secara volume dan temporal. Berdasarkan data empiris yang dimiliki oleh BMKG sejauh ini, La Nina dapat meningkatkan curah hujan di wilayah Jawa Barat pada umumnya antara 20% hingga 70%.

Kondisi sifat hujan seperti demikian akan memicu peningkatan potensi kejadian bencana hidrometeorologi di wilayah Jawa Barat dan juga Bandung Raya. Potensi kejadian bencana yang mungkin terjadi adalah:

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x