BREAKING NEWS, Gempabumi Tektonik Mag 5,3 Guncang Kab Pangandaran, Tidak Berpotensi Tsunami

- 28 Januari 2022, 00:08 WIB
Gempa Pangandaran, Kamis 27 Januari 2022.
Gempa Pangandaran, Kamis 27 Januari 2022. /BMKG/

PRIANGANTIMURNEWS- Hari Kamis, 27 Januari 2022 pukul 23.03.06 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,81° LS ; 108,09° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 130 km arah Selatan Kota Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 42 km.

Baca Juga: Sebanyak 60 Orang Anggota GMBI dari Tasikmalaya Ditangkap

Seperti yang dilansir Priangantimurnews.com Pikiran Rakyat dari rilis BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun mendatar ( oblique normal ).

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Pangandaran, Cilacap dan Kebumen dengan skala intensitas III-IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ) Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Baca Juga: BREAKING NEWS, Gempa 5.3 Guncang Pengandaran Jawa Barat

Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Garut dan Periangan dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah