Pusdalops Kabupaten Pangandaran lakukan pelatihan BBM (Bunda Belajar Mitigasi Bencana)

- 15 April 2022, 22:15 WIB
Pusdalops Kabupaten Pangandaran lakukan pelatihan BBM (Bunda Belajar Mitigasi Bencana).
Pusdalops Kabupaten Pangandaran lakukan pelatihan BBM (Bunda Belajar Mitigasi Bencana). /Pusdalops Pangandaran/

PRIANGANTIMURNEWS– Dalam rangka meningkatkan pemahaman risiko bencana dan penanggulangan bencana Pusdalops Kabupaten Pangandaran lakukan pelatihan yang dikemas dalam Latihan Kesiapsiagaan Bencana dengan metoda andragogi (cara belajar orang dewasa). 145 April 2022.

Kabupaten Pangandaran merupakan daerah yang termasuk rawan bencana apabila dikaitkan dengan Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dengan skor sebesar 215,20 berada di peringkat ke-16 untuk tingkat nasional dan peringkat ke-5 untuk tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dan secara umum, terdapat 8 jenis ancaman bencana yang berpotensi terjadi di Kabupaten Pangandaran meliputi Tsunami, Gempa Bumi, Banjir, Longsor, Angin Puting Beliung, Kebakaran, Kekeringan dan Wabah Penyakit / KLB.

Baca Juga: Kasus Subang Hari Ini: Kedua Sahabat Dekatnya Almarhumah Amel Mengatakan Diantaranya Hp Amel Terdeteksi Aktif

Menurut Undang Undang Nomor 21 tahun 2012, merupakan awal berdirinya Daerah Otonomi Baru yaitu Kabupaten Pangandaran memiliki luas 1.010 km2 terdiri dari 10 kecamatan dan 93 desa.

TP PKK baik Kabupaten, Kecamatan dan Desa merupakan mitra kerja Pemerintah Kabupaten Pangandaran sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Mayarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, bahwa PKK merupakan mitra kerja Pemerintah, yang sangat sinergi dengan 10 (sepuluh) Program Pokok Gerakan PKK, meliputi:

Penghayatan dan Pengamalan Pancasila; Gotong Royong; Pangan; Sandang; Perumahan dan tata laksana rumah tangga; Pendidikan dan keterampilan; Kesehatan; Pengembangan kehidupan berkoperasi; Kelestarian lingkungan hidup; dan Perencanaan sehat.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Penyandang Diabetes Melitus Saat Puasa

Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain: Meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, Meningkatkan sinergitas pemerintah dan PKK selaku mitra kerja dalam proses penanggulangan bencana, Menciptakan anggota PKK menjadi agen terdepan membentuk masyarakat yang tangguh menghadapi bencana.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Pusdalops Kabupaten Pangandaran


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x