Gubernur Jabar Ridwan Kamil Resmikan Hasil Revitalisasi Situ Gede Kota Tasikmalaya

- 14 Januari 2023, 17:21 WIB
Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Danrem 062, Pj Wali Kota Tasikmalaya, Dandim 0612, Danlanud resmikan Situ Gede
Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Danrem 062, Pj Wali Kota Tasikmalaya, Dandim 0612, Danlanud resmikan Situ Gede /Edi Mulyana/
 
PRIANGANTIMURNEWS - Kawasan Wahana Wisata Situ Gede merupakan kawasan wisata satu satunya yang ada di tengah perkotaan. Tentu memiliki banyak potensi yang dapat di kembangkan.
 
Situ Gede tidak hanya dikenal sebagai wahana wisata alam tetapi juga memiliki wisata religi Makom Eyang Prabudilaya dan juga kuliner bakar Ikan Mujaer khas Situ Gede. 
 
Diketahui puluhan tahun kawasan Wahana Situ Gede sempat terbengkalai tidak terawat lantaran saling tuding hak kepemilikan ada tiga, swasta, pemerintah daerah dan Provinsi Jabar.
 
Tak heran jika Kawasan Wahana Wisata Situ Gede terlihat kumuh dipenuhi dengan bangunan atap trepal ilegal dan akses jalan sekitarannya pun hancur. Selain itu fasilitas yang ada seperti gajebo pun tidak terawat.
 
 
Situ Gede juga memiliki suasana kesejukan alam yang begitu segar, karena pohon disekitarnya pun menghiasi air Situ Gede. Selain itu berlayar di tengah situ menggunakan perahu pun memberikan kesan yang indah kepada pengunjung.
 
Tak heran jika Situ Gede banyak dikunjungi oleh para wisatawan terutama wisataean lokal keluarga yang menjajaki kuliner bakar Ikan Mujaer dan tumpangan perahu untuk berlayar mengelilingi situ.
 
Setelah beberapa kali namun yang tercatat ada dua kali kunjungan Gubernu Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi Wahana Wisata Situ Gede. 2022 mulai di tata dengan anggaran yang cukup fantastis.
 
Tahap pertama penataan dan Revitalisasi Kawasan Situ Gede  Kota Tasikmalaya telah dilakukan dan kini diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang didampingi langsung Wakil Gubernur, Uu Ruhzanul Ulum.
 
 
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut, revitalisasi ini sebuah cita cita lama yang kini sudah di kabulkan oleh Allah. Dulu ditempat ini masih acak acakan sekarang sudah tertata dan rapih.
 
"Revitalisasi ini baru dilakukan tahap pertama, dan ada tahapan berikutnya yang kita rencanakan. Pekerjaan sumber daya air, perbaikan dinding penahan tanah, pekerjaan bongkaran."ujar, RK...
 
Selain itu, pekerjaan insfratruktur, (Hardscape), pekerjaan bangunan pendukung, kios, toilet dan tangga kios, signage utama (Teks Situ Gede), pekerjaan mekanikal dan elektrikal plambing, pekerjaan relokasi jalan warga, reling pagar pengaman di depan situ.
 
"Setelah kita melihat sambil berlayar Situ Gede memiliki potensi cukup baik, cuman ada kekurangannya harus ada hotel penginapan. 
 
 
"Seharusnya di Situ Gede ini ada penginapan, jadi saya arahkan pak Wali untuk mengundang investor supaya ada penginapan, karena ini indah, jadi sayang jika dilewatkan jadi tidak hanya makan, naik perahu, joging dan lainnya di sini."ujarnya.
 
RK menyebut, peresmian Situ Gede cukup melelahkan, tetapi kata RK saya bahagia, mudah mudahan diterima baik oleh masyarakat dan menjadi pembangkit ekonomi Kota Tasikmalaya.
 
Diungkapkan Pj Wali Kota Tasikmalaya, Dr.Cheka Virgowansyah menyebut, keberadaan sumber daya air Situ Gede ini sudah dimanfaatkan oleh warga sekitar terutama dalam pengairan pertanian.
 
"Dengan adanya revitalisasi wisata air Situ Gede ini tentu berkat sentuhan Gubernu Jawa Barat. Tentu tugas kami untuk sekarang ini untuk menjaga, merawat, memanfaatkan dalam mengembangkan wisata Situ Gede."kata, Cheka.
 
Apalagi Situ Gede ini kata, Cheka, selain memiliki wisata alam juga memiliki wisata reliji Makom Eyang Prabudilaya, dan itu sudah menjadi destinasi wisata. Tentunya wahana wisata Situ Gede ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kita dan masyarakat.
 
Kunjungan Gubernur yang di dampingi Wakil Gubernur, juga di dampingi Danrem 062, Dandim 0612, Danlanud Wiriadinata disambut Pj Wali Kota Tasikmalaya,Dr.Cheka Virgowansyah.***

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Dok Edi Mulyana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x