Cegah Penularan Covid 19, Wadir Pelayanan RSUD dr Soekarjo Sarankan Lakukan 5 M

- 31 Juli 2021, 08:28 WIB
Wakil Direktur Pelayanan RSUD Dokter Soekarjo Kota Tasikmalaya, dr. Budi Tarmidi
Wakil Direktur Pelayanan RSUD Dokter Soekarjo Kota Tasikmalaya, dr. Budi Tarmidi /Priangantimur.pikiran-rakyat.com/Edi Mulyana

PRIANGANTIMURNEWS - Sejak adanya wabah Virus Corona Maret 2019 hingga kini hampir dua tahun lamanya telah menyerang puluhan juta orang di berbagai negara dan menelan jutaan korban jiwa di dunia termasuk di Indonesia dan Kota Tasikmalaya.

Direktur RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya dr Wasisto Hidayat, M.Kes melalui Wadir Pelayanan dr Budi Tarmidi mengatakan agar tidak terkena infeksi yang sedang mewabah, ada beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah penularan Covid 19.

Wadir menyebutkan, agar tidak tertular virus covid -19, lindungi diri kita dan orang lain di sekitar kita dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus dan mengambil langkah pencegahan yang tepat.

Baca Juga: Wajib Tahu, Wadir Pelayanan RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya Bahas Bahaya Covid dan Gejalanya

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 ikuti saran yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan otoritas kesehatan. Kalau itu dilakukan pasti penularan Covid 19 bisa ditanggulangi.

Langkah pertama sebelum dan setelah melakukan kegiatan di luar didalam rumah termasuk makan, menyentuh anggota tubuh seperti mata, mulut, hidung terlebih dahulu mencuci tangan secara rutin gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.

Langkah berikutnya kata Budi, selalu menjaga jarak aman dengan orang yang sedang sakit batuk atau bersin. Menggunakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan. Jika tangan belum dicuci jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

"Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung anda dengan lengan atau tisu atau masker. Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan," kata dr Budi Tarmidi kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Sabtu 31 Juli 2021.

Baca Juga: RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya Terus Tingkatkan Mutu Pelayanan, Budi Tirmadi: Bangun Dua Gedung Megah

Ia pun menyebutkan, jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis. Telepon terlebih dahulu melalui nomor layanan agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan anda ke fasilitas kesehatan yang tepat.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x