Tips Berjemur yang Baik Menurut dr. Zaidul Akbar, Berapa Lama dan Jam Berapa

- 6 Agustus 2021, 17:00 WIB
 dr. Zaidul Akbar bagikan resep atasi jerawat parah dan penyebabnya.
dr. Zaidul Akbar bagikan resep atasi jerawat parah dan penyebabnya. /Tangkap layar kanal Youtube dr. Zaidul Akbar Official.

PRIANGANTIMURNEWS-Berjemur di pagi hari diyakini mendatangkan banyak manfaat, salah satunya adalah mengubah Pro Vitamin D yang ada di dalam tubuh menjadi vitamin D .

Namun begitu selain vitamin D, tidak banyak yang tahu manfaat lain berjemur di pagi hari.

Dr. Zaidul Akbar menyampaikan, selain mengaktifkan Vitamin D, sinar matahari pagi memiliki banyak sekali manfaat.

Salah satunya adalah mengaktifkan hormon-hormon baik dalam tubuh, seperti endorfin, melatonin dan serotonin, serta mengaktivasi terbentuknya antioksidan otofagi, apoptosis dan lainnya.

"Fasilitas gratis dari Allah yang menciptakan matahari untuk ciptaan-Nya yang menumpang hidup di bumi Allah ini," ujar dr. Zaidul melalui unggahan Instagramnya, 29 Juli 2021.

Baca Juga: dr. Zaidul Akbar: Tempat Ini Jangan Sampai Sepi Saat Pandemi

Tanpa matahari, menurut sang dokter yang juga ustadz ini, nasib manusia akan berakhir karena sangat besar perannya dalam membantu terbentuknya oksigen dalam proses fotosintesis dan juga meningkatkan keragaman bakteri dalam tubuh kita.

"Jadi sebelum berjemur, ya jam jam 10-an kurang-lebih, sekitar 20 menitan gitu, dibaluri dulu badannya dengan minyak zaitun extra virgin yang organik ya atau minyak vco juga boleh, ato minyak2 herbal alami mix , agar lebih optimal penjemurannya," kata sang dokter.

Menurut dokter Zaidul, Rasullulah SAW sangat suka melumuri tubuhnya dengan minyak zaitun

"Mari kita syukuri nikmat matahari dari Allah ini dengan berjemur agar bukan sekedar berjemur tapi berjemur plus bersyukur," kata dia.

Saking pentingnya matahari bagi manusia, menurut dokter Zaidul, Allah SWT dalam surat Asy-Syam menjadikannya kalimat sumpah.

Baca Juga: Pesan Dokter Zaidul Akbar untuk Para Pencinta Durian: Jangan Banyak-Banyak

وَالشَّمۡسِ وَضُحٰٮهَا

"Wash shamsi wa duhaa haa, Demi matahari dan sinarnya pada pagi hari," kata dokter Zaidul mengutip ayat Al-Quran.

"Mari refresh niat kita saat melihat tanda tanda kebesaran Allah dengan memikirkannya dan mengambil hikmah dari penciptaan tersebut sehingga getaran-getaran keimanan dalam hati terus terasa," kata dia.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @zaidulakbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x