Ternyata Begini Manfaat Rendam Kaki di Air Dingin Bagi Kesehatan

- 8 September 2021, 18:29 WIB
 ilustrasi manfaat rendam kaki di air dingin
ilustrasi manfaat rendam kaki di air dingin / pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS- Kesehatan merupakan modal utama dalam kita menjalankan aktivitas dan rutinitas.
 
Di saat tubuh kita mengalami gangguan kesehatan, tentu banyak hal yang tidak bisa kita kerjakan.
 
Banyak sekali cara untuk membuat tubuh kita tetap sehat, salah satunya dengan cara berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat. 
 
 
Lalu bagaimana kalau tubuh kita terlanjur sakit atau merasa kelelahan? Ternyata ada cara yang mudah untuk dilakukan, yaitu dengan cara merendam kaki di air dingin.
 
Berikut lima manfaat rendam kaki di air dingin selama 15 detik.
 
1. Mengatasi sakit kepala.
 
Apabila kita tengah mengalami sakit kepala, merendam kaki kedalam air dingin bisa mengurangi rasa sakitnya. Caranya yaitu dengan merendam kaki selama kurang lebih 1 menit diatas es.
 
Gunanya untuk merubah tekanan peredaran darah pada otak. Untuk menghilangkan sakit kepala bisa juga meracik obat tradisional dengan minim resiko seperti yang ada pada manfaat daun salam yang baik untuk kesehatan.
 
2. Mengatasi nyeri otot.
 
Setelah melakukan kegiatan yang berat dan mengalami nyeri otot, rendam kaki di air hangat yang kemudian pindah ke air dingin kurang lebih selama 1menit dapat meringankan nyeri. Setelah berendam, bilas kembali kaki memakai air dingin.
 
3. Mengurangi radang sendi.
 
Radang sendi atau arthritis dapat dikurangi dengan merendam kaki atau bagian lain yang terkena radang sendi dengan memakai air es. Atau dapat juga dilakukan kompresan dengan handuk yang telah diisi es.
 
4. Insomnia.
 
Bagi yang mengalami susah tidur, bisa merendam kaki di air dingin. Selain itu manfaat lain dari proses merendam kaki di air dingin ini adalah dapat mengatasi flu, sembelit, kaki pegal, dan sebagainya.
 
 
5. Melancarkan peredaran darah.
 
Caranya adalah dengan merendamkan kaki di air hangat lalu pindah ke air dingin. Sekitar 2menit pada air hangat kemudian selama 30menit memakai air dingin.
 
Namun untuk melancarkan peredaran darah juga dapat menkonsumsi daun wortel. Manfaat daun wortel dipercaya dapat mengalirkan darah keseluruh tubuh lebih lancar dan teratur.***

 

 

Editor: Muh Romli

Sumber: instagram jagakesehatan_id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x