Ini Manfaat Fenugreek untuk Pengobatan Diabetes

- 24 September 2021, 11:47 WIB
Fenugreek.
Fenugreek. /Alodokter/

PRIANGANTIMURNEWS- Meski masih terdengar asing di telinga, manfaat fenugreek bagi kesehatan tidak perlu diragukan. Tanaman ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati berbagai kondisi medis tertentu dan salah satunya adalah diabetes.

Fenugreek atau kelabat kerap digunakan sebagai bumbu penyedap masakan di berbagai daerah, seperti Timur Tengah, India, dan Mesir.

Di Indonesia sendiri, tanaman dengan nama latin Trigonella foenum-graecum ini banyak diolah menjadi teh, suplemen, dan produk perawatan kulit, seperti sabun, sampo, dan losion.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi di Kampung Nelayan

Biji fenugreek yang berwarna cokelat dapat diolah menjadi obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Manfaat tersebut diduga berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti karbohidrat, serat, protein, lemak, serta mineral, seperti zat besi, mangan, dan magnesium.

Mengenal Manfaat Fenugreek untuk Diabetes

Biji fenugreek sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi diabetes. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan serat dan senyawa kimia lainnya yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di dalam tubuh.

Klaim ini didukung dengan penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang dicampur dengan biji fenugreek dapat menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah. Hal inilah yang menjadikan fenugreek baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga: Lepas 1.500 Tukik di Cilacap, Presiden: Agar Tidak Punah

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x