Manfaat Minum Air Bagi Ibu Hamil Menurut Profesor dari IPB University dan Universitas Indonesia

- 26 Desember 2021, 15:41 WIB
Prof Dr Hardiansyah MS.
Prof Dr Hardiansyah MS. /IPB.ac.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Sumberdaya manusia yang berkualitas adalah kunci keberhasilan suatu bangsa. Generasi muda inilah yang akan melanjutkan pembangunan bangsa.

Untuk menghasilkan generasi muda yang sehat perlu dipersiapkan sejak masih dalam kandungan ibu. Dengan demikian, bayi yang dilahirkan memiliki kondisi sehat dan memiliki kapasitas yang baik.

Prof Hardinsyah, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University mengungkapkan bahwa di Indonesia banyak terjadi gangguan kekurangan gizi yang dialami oleh ibu hamil. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan minum air.

Baca Juga: Pesona Keindahan Alam yang Tersembunyi di Pangandaran

"Faktanya, dua dari lima wanita hamil di Indonesia kekurangan air. Lalu satu dari dua ibu yang menyusui ternyata mengalami kekurangan cairan," jelas Prof Hardinsyah.

Ia melanjutkan, kebutuhan air untuk wanita hamil berkisar antara 2000 cc hingga 2500 cc. Kebutuhan ini setara dengan delapan gelas per hari.

Sayangnya, kebutuhan ini masih banyak belum terpenuhi.

Dosen IPB University itu menjelaskan bahwa wanita hamil akan mengalami peningkatan volume darah. Sehingga dalam kondisi hamil ibu membutuhkan banyak air.

Kebutuhan untuk janin dan air ketuban sebanyak 1500 cc. Sedangkan untuk fungsi plasenta paling sedikit adalah 500 cc.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ipb.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x